Sensasi Meliuknya Jalan di Flores (Amazing NTT part 3)

9:39:00 PM

Berlanjut perjalanan dari Danau Kelimutu menuju ke Labuan Bajo. Malam sebelumnya kami di tawarkan oleh penjaga hotel untuk ikut numpang mobil travel yang habis antar tour dari Maumere dan bertujuan ke Labuan Bajo. Tawar menawar yang alot akhirnya kami sepakat untuk membayar 200.000/orang dari Danau Kelimutu sampai Labuan bajo dengan total waktu perjalana 15 jam. WOW !
Ada 2 pertimbangan kenapa gue memilih tawaran ini dibanding ambil transportasi eceran. kira kira begini hitungannnya.

Alternatif 1
Menggunakan transportasi umum harus nyambung 2 kali dan ditambah biaya menginap di ruteng.
Ilustrasinya :
1. Danau Kelimutu to Ruteng via travel 120.000 ditempuh pukul 09.00 - 18.00 (9 jam)
2. Dari Ruteng harus spend penginapan minimal 250.000/kamar karena tidak ada angkutan umum Ruteng-Labuan bajo saat sore hari tiba.
3. Besok paginya Ruteng Labuan Bajo naik otto 70.000 (waktu tempuh 4 jam)

Alternatif 2
Menerima tawaran tumpangan travel yang memang tujuannya ke Labuan bajo langsung.
Ilustrasi :
1. bayar 200.000/orang berangkat jam 09.00 pagi jam 12.00 malam sudah sampai di Labuan Bajo.

Berdasarkan perhitungan itu akhirnya gue pilih alternatif 2, kalo ada pertanyaan gimana caranya bisa tau jumlah yang akan dikeluarkan pada alternatif 1 ? jawaban dari gue adalah GOOGLING lah sebelum melaksanakan trip teman teman ! hehe


15 Jam perjalanan jangan harap kalian bisa tidur tenang, karena tekstur jalan di Flores berliuk-liuk aduhai banget. 15 jam perut lo akan di kocok jalanan naik-turun. Bahkan kata supirnya, waktu rombongan presiden SBY ke Flores, supir pribadi pak presiden baru nyetir 2 jam udah gak kuat, dan akhirnya digantikan dengan supir orang lokal Flores. Saran gue sih kalo yang gak tahan mabok darat, minum antimo, terus tidur deh seharian. Kalo yang kuat, selamat menikmati indahnya alam FLORES !! 


cheers,
Kadek Arini


You Might Also Like

0 comments