Tutorial Foto Instagram dengan Samsung NX3000 Camera

12:25:00 AM


Terlalu excited mendapatkan kesempatan untuk menggunakan kamera Samsung NX3000, sampai sampai ngerasa harus sharing how great this camera it is. hehe. Beberapa kali di minta request tips-tips foto di instagram, dan akhirnya ke posting juga.

Di postingan ini, saya akan berbagi tips cara mendapatkan foto-foto khas instagram. Dimulai dari contoh yang sangat simple. Fyi, kalau sudah mengikuti akun instgram saya, sekarang mostly foto yang saya ambil menggunakan kamera Samsung NX3000, karena bentuknya yang handy untuk dibawa saat travelling dan memiliki kualitas yang sama seperti DSLR, jadi saya udah gak perlu ribet-ribet lagi bawa DSLR yang kadang menghambat aktivitas outdoor yang membutuhkan banyak gerak, plus bobotnya yang makan ruang di tas. Intinya saya terselamatkan dengan adanya Samsung NX3000 ini hehe.


STEP 1
Pertama yang dilakukan adalah, cari lokasi yang memiliki cahaya yang baik, karena cahaya akan sangat berpengaruh dengan hasil foto. Hindari lokasi yang tidak terdapat cahaya sama sekali. Kemudia setting ISO menyesuaikan cahaya pada dalam ruang. 


STEP 2
Atur ukuran frame ke square 1:1 untuk menyesuaikan framing instagram, sehingga tidak perlu di crop lagi.

STEP 3
Usahakan posisi kamera tegak lurus dengan objek yang akan di ambil, perhatikan jangan sampai kamera miring karena akan membuat distorsi yang mengurangi nilai keindahan. Disarankan menggunakan grid, supaya proporsi bisa terlihat dengan baik. Perhatikan juga shutter speed yang harus berada di angka 0 yang mengartikan cahaya yang cukup. Jika diatas 0 hasil foto akan terlalu terang, dan sebaliknya.

STEP 4
Seusai foto, dengan teknologi built in wi-fi sekarang foto bisa langsung di kirimkan ke handphone, dan di upload lewat handphone. Caranya klik tombol simbol wi-fi yang ada di bagian atas kamera.


STEP 5
Kemudian klik Mobile Link dan select files from camera.

STEP 6
Selanjutnya, pergi ke pengaturan wi-fi handphone kamu, search wi-fi AP_SC_NX3000 seperti diatas. Hubungkan sampai connected.

STEP 7
Jika monitor kamera sudah seperti dibawah ini, tandanya kamera sudah terkoneksi dengan handphone.

STEP 8
Sekarang pergi ke HP kamu, dan masuk ke aplikasi Samsung Sharing (kalau belum ada silahkan di download terlebih dahulu)

STEP 9
Pilih foto yang ingin dikirim dengan menceklist dengan klik ok dan send dengan klik simbol play. Jika sudah, foto akan secara otomatis tersimpan di galeri HP kalian.

STEP 10
Selanjutnya untuk finishing, foto bisa di edit ke aplikasi VSCO Cam dengan cara yang terlampir seperti di bawah.

STEP 11
Sesuaikan tone foto sesuai selera masing masing, atau bisa mengikuti tutorial saya di bawah (not applicable to all photos).


STEP 12
Selanjutnya setelah selesai di edit, save foto ke galeri handphone. Lalu kemudian masuk ke aplikasi instagram dan pilih foto yang akan di upload tanpa perlu menambahkan kembali filter. Klik next untuk uploading.

Selesai, kira-kira seperti itulah cara saya mengedit foto selama ini. Semoga bisa menjadi inspirasi untuk yang lain.

Selamat mencoba !


cheers,
Kadekarini

You Might Also Like

1 comments