Air atau Kaca di Danau Weekuri (Sumba Part 2)

12:07:00 AM

Masih di hari pertama, Setelah dari Kampung Ratenggaro, kami langsung menuju ke danau Weekuri, perjalanan memakan waktu 2 jam dari desa Ratenggaro. Danau Weekuri adalah salah satu hidden tressure di Sumba Barat, 60 km dari pusat kota Sumba Barat. Merupakan danau air payau yang tingkat kejernihannya berani di bandingin sama sebuah kaca !



Danau Weekuri, Sumba Barat 16.00 (photo taken by Samsung NX3000)
Sampai sekarang masih terbanyang hebatnya sang explorer pembuka jalan melihat letaknya yang berada di daerah terpencil. Asal mula adanya Danau Weekuri yaitu, karena adanya air laut yang terperangkap berbatuan sehingga air yang di hasilkan di Danau Weekuri merupakan air laut yang masuk lewat celah celah lubang oleh karena itu disebut sebagai lagoon. Fenomena ini hampir sama seperti Pulau Sempu yang ada di Malang (click the link for the stories)

Pose ngapung wajib, tapi emang nikmat banget pose kaya gini  (photo taken by Samsung NX3000)
Pertama kali melihat Danau Weekuri secara langsung, decak kagum saya melonjak untuk tidak pikir panjang langsung nyemplung. Tidak ada orang lain selain kami semua ber 9 dari tim Samsung, tanpa mempersiapkan baju ganti saya dan anggey langsung loncat ke danau. Kalau dipikir, jika saya memilih untuk tidak nyemplung ke danau Weekuri karena perkara tidak ada ruang untuk ganti baju, mungkin itu akan jadi salah satu penyesalan dalam hidup saya haha.

Detik detik sebelum loncat ke danau (photo taken by Samsung NX3000)
Mengunjungi danau Weekuri menjadi salah satu terapi untuk menjauh dari hirup pikuk kota. Tidak ada warung makan, sampah makanan ataupun limbah. Benar-benar sejuk, asri dan sunyi. Waktu terbaik untuk menikmati keasrian danau weekuri adalah di sore hari pukul 16.00. Karena matahari tidak terlalu kuat sehingga sangat baik untuk menikmati the crystal clear water of Weekuri Lake.

Tips untuk yang mau berenang di danau Weekuri, ada beberapa bagian yang dangkal dengan pasir putih dan ada beberapa bagian yang agak dalam. Ketika itu pun saya penasaran ada apa di bawah bagian yang dangkal. Ternyata ada banyak ikan besar besar dan warna warni yang hidup diantara karang-karang. Kalau ke Danau Weekuri juga jangan lupa buat manjat ke tebingnya, karena view nya lebih keren, bisa liat bentuk danau yang melingkar. Satu lagi, disana gak ada bangunan untuk ganti baju, jadi siap siap mendadak jadi tarzan ganti baju di balik pohon haha.

Cheers,
kadekarini

You Might Also Like

0 comments