I Met The Beatles in Liverpool, Let Me Tell You The Secrets.

9:51:00 PM


“The music that changes the world”

Musik The beatles bisa di akui sangat mempengaruhi sejarah musik dunia. Siapa yang gak tau band yang di jalani oleh 4 orang ini, ya kan ? Oke let’s start with their most popular songs : I want to hold your hand, Let it Be, Penny Lane, Yesterday. Pasti udah pernah denger salah satu nya dong ?
Nama The Beatles sangat tenar di dunia musik, tapi tidak banyak orang yang tahu kalau The beatles adalah pionir band British pertama yang berhasil bersaing dengan kanca dunia permusikan internasional. Die hard fans The Beatles ada dimana mana dan biasa di sebut dengan “Beatlemania”, bukan hanya di Inggris saja tapi di seluruh dunia, dan dari berbagai umur dan kelas strata. Meskipun masa kejayaan The Beatles ada pada tahun 1960 an, tapi The Beatles always stay gold dari masa ke masa.
Ketika sampai di Liverpool, saya merasa orang paling beruntung karena bisa napak tilas jejak The Beatles. Sebagai penggemar dan pendengar musik, saya tahu kalau The Beatles adalah inspirasi para musisi - musisi hebat yang lahir saat ini. Dan kesempatan untuk mengenal The Beatles lebih dekat langsung di rumah nya menjadi pengalaman yang sudah seharusnya saya bagikan.

1. Menginap di Hotel The Beatles
Selama 3 hari 2 malam, saya menginap di Hard Days Night Hotel, Liverpool yang merupakan hotel legendaris nya The Beatles. Hotel ini bersebelahan dengan Cavern Pub, Pub dimana The Beatles manggung setiap malamnya. Di Hotel inilah, The Beatles menginap sebelum konser.
Semua Interior di dekorasi dengan nuansa The Beatles. Setiap kamar terdapat foto personil The Beatles, kebetulan yang ada di kamar saya saat itu adalah fotonya Ringo Starr, sang drummer. Restoran yang terdapat di dalam hotel pun memakai judul – judul lagu The Beatles sebagai nama cocktail seperti; Yellow Submarine, Here Comes The Sun.

Hotel Price : Start from GBP 80
check on Agoda


2. Joget di Cavern Pub
Pub paling popular di Liverpool, di Pub inilah pertama kalinya The Beatles memainkan musiknya. Hingga sampai sekarang pub ini masih menjadi favorit warga Liverpool maupun para turis yang memang sengaja ingin merasakan langsung ambience di dalamnya. Seperti kebanyakn pub di Inggris, Cavern Pub juga terletak di basement dengan dekorasi dinding bata. Tidak terlalu luas tapi memiliki ruang yang cukup untuk berjoget ala tahun 1960an. 

Waktu saya berbincang dengan Kang Soleh yang sudah pergi duluan kesana, saya bilang :

Kadek : Kang, temenin ke Cavern Pub yuk, gue takut kalo sendirian ke pub nanti di godain
Kang Soleh : Siapa yang mau godain lu Kadek, orang isinya kakek-kakek, nenek-nenek semua
Kadek : Oh iya ? hahahahaha


Kebanyakan yang datang ke Pub ini adalah penikmat music 60-an yang sudah berumur 40 ke atas. Jadi jangan berharap ada pria ganteng melankolis necis lagi ada di dalam ya hahaha.

Ticket Price : GBP 2.50 – 5.00

3. Foto bareng The Beatles
Sejujurnya saya selalu salut dengan pemerintah yang juga mendukung para seniman. Dan Inggris menjadi salah satu contoh negara yang bisa di contoh dalam hal pengapresiasian nya terhadap seni dan musik. Sadar akan potensi besar yang di miliki The Beatles, pemerintah Inggris membuat sebuah monumen berbentuk patung The Beatles untuk mengingat peran mereka dalam hal memajukan British music. Empat orang pria Inggris melenggang lengkap dengan jas dan gaya khas rambut The Beatles yang juga ikut menjadi trendsetter pada jamannya.
I met The Beatles ! (walaupun cuma patungnya :D)

Adalah mereka : John Lennon, George Harrison, Ringo Starr dan Paul McCartney. Banyak yang bertanya apakah patung ini dibuat sesuai dengan skala asli ? jawabannya tidak. Patung ini di buat dengan skala 1:4, jadi bukan saya terlihat pendek di sebelah mereka ya hahaha.

Ticket Price : Free

4. Mengenal Sejarah Musik The Beatles di Beatles Museum
Yowww this is one of the coolest musem I have ever been ! Sekaligus museum musik pertama yang pernah saya datengi. Karena sebelumnya, yang biasa saya datangi adalah museum bertema culture atau art. Sirkulasi di dalam The Beatles Museum di buat mengalur mengikuti alus waktu dari awal The Beatles terbentuk.
Entrance The Beatles Museum
Alat musik yang pernah diguankan oleh The Beatles


Perjalanan karir The Beatles di bahas tuntas, di mulai dari The Beatles yang awalnya di buat oleh 2 orang saja, John Lennon dan Paul McCartney pada usia 16 dan 15 tahun. Hingga akhirnya menjadi 4 orang. Konser Pertama The Beatles pun di adakan di Hamburg German, sampai akhirnya Beatles harus kembali ke Liverpool dan melanjutkan bermain di berbagai club di Liverpool.
Ruang kerja The Beatles

Ada juga area foto fotokumpulan John Lennon dan Yoko Ono

I want to Hold Your Hand, adalah single yang mendapat pujian dari Times dan berhasil mengukuhkan Beatles sebagai musisi Inggris yang mengagumkan. Lewat lagu ini pula, The Beatles berhasil mejual lebih dari 2,5 juta copy dan merajai chart US, hingga akhirnya mendunia sampai sekarang.

Ticket Price : GBP 15.95


5. Napak Tilas Judul Lagu The Beatles
Liverpool juga memiliki Magical Mystery Tour. Tour selama 2 jam ini akan berkeliling napak tilas tempat tempat penting yang menjadi saksi bisu kesuksesan The Beatles. Kita akan masuk ke dalam sebuah bis dengan playlist lagu The Beatles.
Bus yang mengantar kita napak tilas jejak The Beatles di Liverpool
Strawberry Field, salah satu tempat yang dijadikan judul lagu The Beatles
Rumah masa kecil John Lennon
Kemudian bis ini akan berhenti sebanyak 5 stop, dimana masing - masing stop memiliki cerita masing masing. Stop pertama yaitu Penny Lane, sebuah jalan di Liverpool yang juga menjadi sebuah judul lagu dari The beatles, kemudian stop selanjutnya yaitu Strawberry Field yang juga menjadi judul lagu The Beatles. Dua stop berikutnya adalah kediaman dari John Lennon dan Paul McCartney.

Ticket Price : GBP 17.95

6. Main ke Rumah Paul McCartney
Katanya di veranda rumah inilah John Lennon dan Paul membuat  lagu-lagu The Beatles. Rumah kediaman Paul ini sudah tidak di tinggali dan sekarang di jadikan objek peninggalan sejarah dari The Beatles. Nampak seperti rumah sederhana Inggris pada umumnya.
Numpang ke toilet di ruma Paul McCartey
7. Beatles Shop got me crazy
Yoooo dibuka jastip merchandise Beatles hahaha. Ya begitulah request yang saya terima di instagram saat saya posting tentang merchandise The Beatles. Iya gemes banget semua mau bawa pulang, secara sangat langka di temukan di Indonesia kalau gak harus beli di E-Bay. Tapi sayangnya koper gak cukup, dan masih ada beberapa hari lagi di Inggris.

Sebagai pendengar music The Beatles, saya merasa jadi orang paling beruntung mendapat pengalaman langsung di kota kelahiran musisi legendaris ini. Buat Beatlemania, bisa nyontek itinerary diatas, I can feel the happiness already from here !
 

Cheers,
Kadek Arini
Instagram : @kadekarini
Youtube : Kadekarinniblog

You Might Also Like

0 comments