15 Hal Mengenal London Lebih Dekat (Nomor 7 paling favorit)

8:41:00 PM




Can I say it is truly what’s called dreams come true to be here in London ?

Kalau di minta menyebutkan satu kota di dunia yang ingin sekali di datangi, salah satu nya adalah London. Never been there before of course, cukup melihat nya di film film dan foto-foto saja sudah membuat saya day dreaming tentang kota ini. Berangkat dari Liverpool menggunakan kereta untuk menuju London, kami tiba di Victoria Station, sebuah stasiun besar tempat berangkat dan tiba untuk perjalanan luar kota.

Dengan nilai mata uang paling tinggi di seluruh dunia, London di sebut-sebut salah satu kota termahal untuk hidup di dunia. Benarkah begitu ? Yuk mengenal London lebih dekat !

1. Kota Anak Muda

Kenapa kota anak muda ? karena 70% orang yang berkeliaran di London adalah anak muda. Lifestyle di London bisa di bilang juga sangat kekinian dengan musik - musik british, dan fashion yang bisa di jadikan trendsetter.

 

2. Photogenic City
Kalo di London, setiap sudut fotogenik buat di foto, kamera atau handphone harus stand by terus karena banyak spot spot cantik di sudut kota London



 

3. Multikultur
Jangan kaget kalau ketika berjalan di London, kita akan menemukan berbagai jenis orang berkewarganegaraan berbeda. Yep London sudah di kenal dengan kota yang sangat multikultur, dari mulai Asia Timur, Asia Tengah, hingga Eropa Barat banyak yang bersekolah dan ataupun berkerja di London. Resepsionis hotel tempat saya menginap dan kasir tempat saya menyewa mobil berasal dari Romania.

4. Stylish People
There is no way to not be a stylist Londoner when you’re in London ! Kebanyakan orang di London berusia muda dan mereka berpenampilan sangat stylish lengkap dengan denim jaket atau kemeja tartan dan sepatu boots.



5. Red Telephone Box and Double Decker
London adalah sebuah kota dimana kita akan menjumpai Red London Bus dan Red Telephone Box. Dua hal berbau merah inilah yang menjadi icon dari UK atau lebih spesifik lagi kota London.

6. Beautiful Castle
Buckingham Palace dan Windsor Castle adalah 2 bangunan yang mewakili keindahan istana Inggris. Mengunjungi istana- istana di Inggris mungkin akan membangkitkan kembali mimpi mimpi menjadi princess waktu kita masih kecil. Disinilah kita terbayangkan kalau Princess’s life is real dengan kemegahan nya sebagai Putri di dalam istana raja. 


Kalau tur di Palace, kita tidak diperbolehkan foto dalam ruangan, melainkan hanya terbatas sampai taman dan lobby saja, karena banyak karya seni dan barang berharga di dalam istana.

7. Nonton Musical Theater (Lion King) di London
Yess this is my most favorite part. Karena sebelumnya belum pernah nonton Musical Theater, apalagi London sangat terkenal dengan kualitas Musical Theater nya yang bintang lima. Biasanya Show nya di mulai sore dan malam hari di Lyceum Theater, London. Show nya berlangsung kurang lebih 2 jam dengan break setelah 1 jam pertunjukan.  


 I almost cry when watching this honestly, karena personally aku emang suka Lion King and watching them in real life with marvelous costumes, perfect sound, amazing lighting and good casts was just like dream comes true. Tiket nya mulai dari 28 poundsterling dan I can say it is really worth it !
See more the info here : http://www.thelionking.co.uk/ 
8. Street Art di Shoreditch
Art is part of cultures in London. Shoreditch adalah kawasan dimana kita bisa menemukan street art. Mural ini berbeda dengan gravity ya. Kalau mural itu gambar nya berkonsep, sedangkan gravity adalah sebuah tulisan yang di hias. Salah satu street art yang bikin kagum adalah yang ada di bekas bubble gum. Jadi lepehan bubble gum yang berserakan di jalan, di lukis untuk menambah keindahan, sehingga sampah bubble gum tidak tertinggal hitam saja di jalan. Bayangkan melukis di media yang sangat kecil seperti itu ? Kebanyakan para artist mempromosikan karya mereka lewat cara menggambar di area Shoreditch ini.


Satu lagi yang lagi hangat hangat nya di bicarakan, adalah mural Basquiat. Seorang artist non komersil yang terkenal dengan karya nya yang kontroversial. Kalau belum tau siapa Basquiat, bisa baca di link ini dulu. Mural ini baru ada 3 hari yang lalu, dan di yakini merupakan hasil karya dari Basquiat. oleh karena itu pemerintah London langsung gerak cepat untuk membingkai karya nya supaya tidak rusak. 
Hmmm sungguh menarik ya ketika mural di apresiasi lebih sebagai sebuah karya bukan hanya coret - coretan tak bermakna.

9. Hipster Coffee Shop
Kemarin kita juga berkunjung ke Coffee Island. Kultur Londoners adalah minum kopi  di pagi hari, jadi coffee shop lumayan mempengaruh gaya hidup di London. Di Coffee Island ini, kita bisa membeli biji kopi racikan sendiri sesuai dengan keinginan.

10. Makan Siang di Taman
Hunting di street food dan makan siang di taman - taman kota London. Salah satunya bisa coba di Hyde Park, taman terkenal di London.



11. Harga hotel dan hostel di London
Harga hotel untuk menginap di pusat kota London bisa di bilang paling murah adalah 2 juta rupiah/malam untuk satu kamar, jika ingin hotel yang lebih murah bisa mencari agak jauh dari pusat kota sehingga bisa mendapat sekitar 1 juta rupiah/malam. Hostel pun bisa di bilang tinggi harganya, harga hostel dimulai dari 300 ribu/bed.

12. Makan di London dimulai dari harga 80 ribu

Biaya hidup di London memang lumayan tinggi, termasuk untuk makan. Harga normal untuk satu porsi makanan di London adalah sekitar GDP 8-12/porsi makanan. Harga ice cream/gelato satu scoop adalah GDP 3, sedangkan untuk Mcdonalds, subway adalah sekitar GDP 5-7. Solusi nya adalah masak. Biaanya aku pergi ke supermarket dan mmbeli beberapa bahan makanan untuk masak di hostel atau apartemen. Kalau masak, biaya yang di keluarkan hanya 5 dollar bisa untuk porsi 3 orang. Lebih hemat kan :D

13. Easy Transportation
Transportasi di London sangat mudah, kota ini hanya memiliki 1 train company, tidak seperti di Jepang yang ada 4 jenis kereta sehingga lumayan membingungkan. London memiliki satu jenis kereta dan bus tingkat untuk transportasi antar kota. Kita cukup membeli Oyster card untuk mengakses semua jenis transportasi publik. Kalau saldo habis, tinggal top up menggunakan cash ataupun credit card.



14. Indian Food is UK Traditional Food
Yes jangan kaget, karena UK adalah negara yang multicultural, sehingga Indian Food termasuk makanan tradisional. Di UK, ada banyak sekali restoran India, dan surpsingly rasanya lebih cocok di lidah aku di banding langsung di negara India nya. hehe.

15. London Macet ?
Yes it is. London is  a busy city. Setiap orang pasti berjalan cepat di sudut kota London. Kalau di London udah paling enak kemana mana naik train atau bus, karena kalau naik uber mahal dan macet. Salah satu contoh, ketika aku naik uber dari London menuju Heathrow Airport yang berjarak 40 km, biaya yang harus aku keluarkan adalah 950.000 rupiah dalam waktu 2 jam. Yah bisa di bayangkan padatnya kota London. 


Tapi macet bukan tanpa solusi, transportasi publik di London sangat bisa di andalkan. Fasilitas publik di buat nyaman sehingga warga atau para turis tetap akan nyaman berpergian dengan kereta ataupun bus.

Nah kalau punya rencana ke London, 15 hal di atas bisa di jadikan bekal informasi sebelum nantinya tiba di London. London itu sangat bikin kangen. Sebelum visa habis, aku pastinya akan balik lagi ke London :D

Cheers,
Kadek Arini
Instagram : @kadekarini
Youtube : Kadekarinniblog
 




 

You Might Also Like

0 comments