Transaksi dan Tarik Tunai di ATM Luar Negeri Menggunakan Jenius

2:02:00 AM


Aku sering banget dapat pertanyaan “transaksi atau tarik tunai di ATM luar negeri pakai kartu Indonesia itu bisa gak?” Dan pertanyaan inilah yang menjadi dasar bahasan pada artikel ini. Sudah mulai 3 tahun, aku sudah tidak pernah menukar uang ke money changer apabila berangkat ke luar negeri. Semua transaksi yang aku lakukan di luar negeri menggunakan kartu debit yang diterbitkan oleh Bank Indonesia. Sejujurnya, aku sangat merasa dipermudah dengan cara seperti ini, karena lebih praktis

Apa itu Jenius
Jenius adalah bagian dari Bank BTPN. Jenius terdiri dari sebuah aplikasi dan kartu debit. Selain untuk kelola Kartu Debit Jenius, di app ini kita bisa melihat langsung outcome dan income, transfer antar bank, ataupun melakukan aktivitas perbankan lainnya secara online.

Pesan Hotel dan Pesawat menggunakan Jenius
Jenius bisa berfungsi sebagai Debit dan Credit Card. Beberapa website internasional hanya menerima pembayaran yang dilakukan oleh kartu kredit. Nah kalau belum punya kartu kredit, kita bisa bertransaksi menggunakan e-Card Jenius yang dapat digunakan sebagai kartu kredit. Ini salah satu fitur favoritku, karena apabila kita booking hotel seperti di Airbnb, Agoda ataupun beli tiket transportasi publik di website internasional itu membutuhkan kartu kredit sebagai jaminan pembayaran ataupun pembayaran penuh.


Bedanya, e-Card di Jenius ini tidak bisa dibikin mengutang, jadi harus selalu diisi saldonya, dan tidak memiliki kartu fisik, melainkan e-Card yang bisa diakses lewat Jenius app. Nanti di e-Card tersebut terdapat no kartu dan cvv seperti layaknya kartu kredit namun hanya berbentuk digital dan tidak ada fisiknya. Jadi aman pesan tiket di mana pun. 

Tarik Tunai di ATM Luar Negeri Menggunakan Jenius
Yep tentunya kita bisa menarik uang di ATM negara manapun asalkan di mesin ATM itu ada logo VISA. Karena Kartu Debit Jenius tergabung dalam jaringan Visa yang sudah available di banyak merchant di seluruh negara. Nominal yang akan muncul di ATM adalah currency setempat, nanti akan langsung di convert ke rupiah pada laporan uang keluar di Jenius app. Jumlah yang di convert ke rupiah berdasar pada rate currency Jenius pada saat itu. 
Tarik Tunai di ATM Jepang menggunakan Jenius
Contoh: tanggal 30 Mei 2018 lalu aku tarik tunai pakai Jenius di Jepang 10.000 yen, dan langsung ke convert ke rupiah sebesar Rp.1.317.836 dengan tambahan biaya tarik tunai ATM sebesar Rp25.000/transaksi dari Visa. Jadi kalau memang mau pake banyak cash, lebih baik ambil sekalian banyak, jadi hanya kena biaya transaksi satu kali.

Selain itu, beberapa mata uang negara yang aku datangi seperti Oman, Kyrgyzstan, Myanmar, tentunya tidak akan bisa didapatkan di money changer Indonesia. Menukar uang di money changer negara lokal itu mahal sekali rate nya, belum lagi ada potongan tambahan. Jadi tarik uang di ATM pakai Jenius adalah rate yang paling bagus.


Waktu di Kyrgyzstan tarik tunai di ATM juga untuk uang lokal nya.
Rate Currency Jenius
Rate currency ini berbeda di setiap bank, jadi tergantung jenis bank apa yang digunakan. Rate Currency Jenius bagus, karena pengalamanku transaksi di luar negeri, rate konversinya selalu dekat dengan rate yang aku cek di google. Contoh yang paling terdekat adalah pada 23 November 2018, aku belanja di supermarket di New Zealand, nominal belanja adalah 6.24 NZD dan yang ter-convert di Jenius adalah Rp63.596 sebesar 10.191.
Transaksi menggunakan Jenius Debit Card
Transaksi di Luar Negeri Menggunakan Jenius
Beberapa negara berkembang banyak yang hanya bisa menerima pembayaran dalam bentuk cash. Namun untuk negara maju seperti di Jepang, Eropa, Australia dan New Zealand sudah menerima transaksi internasional menggunakan kartu debit. Sewaktu aku di New Zealand, aku tidak pegang uang cash dalam bentuk NZD, karena semua transaksi bisa menggunakan kartu debit Jenius. Mulai dari ke supermarket, beli baju, sampai makan di restaurant. Caranya sama seperti biasa, tinggal gesek/tap/masukan ke mesin EDC, kemudian nanti akan dimintakan pin untuk transaksi. Dan tidak ada charge tambahan, nominal yang akan masuk ke Jenius hanya nominal konversi dari mata uang asing ke mata uang rupiah.
Transaksi di Supermarket New Zealand pakai kartu debit Jenius
Online Report yang Membantu
Setiap transaksi yang kita lakukan menggunakan kartu Jenius ataupun e-Card langsung terekam di Jenius app dan dapat notifikasi langsung di handphone, beberapa detik setelah transaksi. Semuanya terekam dengan sangat baik jadi kita bisa mengontrol pengeluaran kita. Gada tuh drama “kok tiba tiba saku jalan-jalan habis ke mana ya”. Sering banget dulu kejadian kaya gini hahaha.

Transfer Hanya Memakai $Cashtag/no handphone

Nah ini adalah fitur yang paling aku suka dari Jenius. Transfer ke sesama Jenius sangat mudah, karena cukup memasukkan $Cashtag/no handphone yang dituju. Fitur ini sangat mempermudah apabila kita sedang jalan-jalan bersama teman-teman karena apabila ada salah satu yang nalangin bill, langsung bisa ditransfer saat itu juga.

Menabung di Dream Saver
Aku salah satu orang yang rajin menabung untuk perjalanan selanjutnya. Biasanya aku masukkan di Dream Saver. Dream Saver ini salah satu fitur di Jenius yang bisa membantu teman-teman menabung, jadi ada rasa semangat untuk terus mewujudkan impian.



Mudahnya Membuat Jenius
Untuk yang mau membuat kartu Jenius, di wilayah Jakarta bisa ke Goods Dept yang ada di Jakarta, nanti ada booth kecil dari staf Jenius. Bisa langsung isi data dan aktivasi, 30 menit sudah jadi. Untuk yang di luar daerah, bisa download sendiri di app, nanti aktivasi di cabang BTPN terdekat. Atau untuk info lebih lanjut bisa ke halaman website nya www.jenius.com/get-jenius/

Buatku jalan-jalan adalah momen di mana aku bisa menemukan the best version of myself. Pengalaman yang menjadikan setiap perjalananku lebih bermakna untuk lebih mengenal diri sendiri. Namun, dalam sebuah perjalanan pasti selalu ada batu sandungan terutama dari segi finansial, dengan adanya Kartu Debit Jenius jadi lebih memudahkan aku dalam berbagai hal. Semakin mudah menarik uang tunai di mana saja dan kapan saja, transaksi internasional jadi lebih mudah. #jalan2jenius versi aku adalah ketika tidak ada batasan untuk mengeksplorasi lebih luas dan memaknai setiap perjalanan.

 
Cheers,
Kadek Arini

You Might Also Like

0 comments