MEMBUAT VISA CHINA TIGA HARI JADI

9:19:00 PM


Bisa dibilang, membuat Visa China adalah Visa paling mudah untuk orang Indonesia. Karena 80% diterima kalau memenuhi semua persyaratan. Bikinnya juga bisa dalam 3 hari, 4 hari, tergantung dari jenis servis yang dipilih. Selama ini aku udah bikin visa China 3 kali dan ketiganya selau approved. Persyaratan dokumen pun cukup mudah dan bisa disiapkan secara cepat.

KUNJUNGI WEBSITE RESMI VISA CINA
- Website resmi download formulir Visa China adalah https://www.visaforchina.org/JKT_EN/. Disana tertera semua persyaratan yang dibutuhkan serta ketentuan foto.

DOWNLOAD DAN ISI FORMULIR
- Ikuti langkah yang ada di website resmi, pilih visa kunjungan wisata
- Kemudian isi formulir secara online dan print out, atau bisa juga di print out formulirnya, kemudian di isi di computer. Jadi hasil nya berupa tulisan ketik, karena mereka sudah tidak menerima lagi isian formulir berupa tulisan tangan.

SIAPKAN PERSYARATAN
-  Formulir yang sudah diisi dan print out
- Foto 2 buah, berukuran 33mm(lebar) x 48mm(tinggi), background putih, baju yang digunakan berwarna gelap, tidak menggunakan topi, kacamata, anting, dan untuk wanita, rambut semua di belakang kuping. Satu foto ditempel di formulir, satu foto lagi dilampirkan.

- Paspor dan fotokopi paspor
- Fotokopi KTP
- Fotokopi Visa China sebelumnya
- Print out tiket pesawat PP (pastikan nama di tiket sama dengan nama paspor)
- Bukti pesan hotel, biasanya aku book di booking.com dan cari yang ada ketentuan free cancellation fee. Jadi kalau memang hotel nya belum fix bisa di cancel tanpa kena charge.
- Itinerary, contoh itinerary di Harbin bisa download disini
- Kalau kedatangan ke China merupakan undangan, lampirkan surat undangan resmi dari instansi. Untuk kasus ini akan terhitung jenis visa bisnis, jadi tidak dibutuhkan itinerary maupun bukti tiket pesawat.

DATANG KE CHINA VISA CENTER

Apply visa China bukan di kedutaan China tapi di China Visa Center yang terletak di The East Building. Alamat: Jl. DR. Ide Anak Agung Gde Agung No.1, Kuningan, Kuningan Tim, SetiaBudi, Kota Jakarta. Buka setiap senin – Jumat pukul 09.00-15.00. China Visa Center ada di lantai 8, bisa naik dari lift yang ada di bagian belakang lobby. Kemudian ambil nomor antrian untuk penyerahan formulir. Di dalam ruang tunggu, tersedia kursi, meja untuk menunggu, dan layar digital untuk pemanggilan nomor antrian, antrian nya juga sudah rapih.

Setelah penyerahan dokumen, kita akan diberikan tanda terima yang akan digunakan untuk pengambilan visa nanti. Untuk jangka waktu proses visa bervariasi, tergantung servis jenis apa yang diambil. Biaya :

- Single entry (hari ke-4) = 540.000
- Single entry express (hari ke-3) = 900.000
*saat isi formulir, apabila yang diproses visa china 3 hari jadi, nanti di centang pada bagian proses express. Kalau mau yang servis biasa 4 hari kerja, tidak butuh.

PENGAMBILAN VISA
Saat pengambilan passport, kita juga harus ambil nomor antrian, namun nomor antrian dibedakan dengan yang baru masukan formulir. Proses pengambilan lebih cepat karena tidak ada lagi pengecekan dokumen. Tinggal bayar cash sesuai nominal, kemudian kita sudah bisa menerima passport kita dengan tempelan stiker tembok cina.

*Jangan lupa, kalau tidak jadi menginap di hotel yang di book, segera mungkin di cancel booking nya, karena kalau lewat tanggal policy bisa kena charge. Have fun, and enjoy the trip :D

Cheers,
Kadek Arini
Follow me on 
Instagram : @kadekarini

YouTube : Kadekarini



You Might Also Like

0 comments