Siapa bilang apply Visa Jepang susah ? (Japan Part 3)

6:40:00 AM


Mau apply visa Jepang tapi minder duluan dan lebih milih bikin lewat travel agent ? Mending undurin dulu niat lo deh. Dijamin habis baca artikel ini lo langsung mau usaha sendiri deh ! haha oke gue mulai dari pertanyaan.

Dokumen-dokumen yang perlu dilengkapi dalam mengajukan permohonan visa


1. Paspor Asli 
- Pastikan masa berlaku paspor 6 bulan sebelum tanggal keberangkatan
2. Formulir permohonan visa. [download (PDF)] dan Pasfoto terbaru (ukuran 4,5 X 4,5 cm, diambil 6 bulan terakhir dan tanpa latar, bukan hasil editing, dan jelas/tidak buram)
3. Fotokopi Kartu Mahasiswa atau Surat Keterangan Belajar (hanya bila masih mahasiswa)
4. Fotokopi KTP
5. Bukti pemesanan tiket (dokumen yang dapat membuktikan tanggal masuk-keluar Jepang)
6. Jadwal Perjalanan [ download (DOC)] (semua kegiatan sejak masuk hingga keluar Jepang)
- Ini berupa ittinerary lo selama ada di Jepang, lengkapin juga print out bukti booking hotel. Pada saat penyaringan persetujuan visa, ittinerary yang akan paling dilihat, apakah itinerary lo masuk diakal atau engga, juga disesuaikan dengan laporan keuangan bank account lo. 

Kalo gue kemarin, gue membuat ittinerary fake, gue buat itinerary yang seolah olah gue hanya mengunjungi objek wisata yang jarak nya saling berdekatan dan mainstream, sehingga pada saat apply visa ga dipersulit. Gue booking hotel via website juga pake yang no booking fee bisa di cek di www.booking.com atau www.hostelsbookers.com, cari aja hotel paling murah. Toh nantinya gue juga ga akan menginap disana hehe. Kalau mau itineray fake untuk apply visa bisa di liat di bawah yaa.
7. Fotokopi dokumen yang bisa menunjukkan hubungan dengan pemohon, seperti kartu keluarga, akta lahir, dlsb. (Bila pemohon lebih dari satu)
8. Dokumen yang berkenaan dengan biaya perjalanan:
Bila pihak Pemohon yang bertanggungjawab atas biaya
* Fotokopi bukti keuangan, seperti rekening Koran atau buku tabungan 3 bulan terakhir (bila penanggung jawab biaya bukan pemohon seperti ayah/ibu, maka harus melampirkan dokumen yang dapat membuktikan hubungan dengan penanggung jawab biaya).
- Biasanya untuk 10 hari trip, untuk minimal saldo di Bank account sekitar 30 jutaan, kalau belum punya penghasilan pribadi bisa cetak rekening korang orang tua dan di sertakan dengan surat kuasa dari orang tua.

Proses Apply Visa di Kedutaan Jepang

1. Kalau sudah lengkap semua, berkas disusun berdasarkan urutan nomor diatas, karena kalau gak disusun rapih, petugas loketnya ga akan mau nerima.
2. Jam untuk apply visa berkas di Kedutaan Jepang adalah Senin-Jumat pukul 08.00-12.00
3. Saat sampai di ruangan lo langsung isi formulir penyerahan apply visa yang ada disana
4. Setelah mengisi formulir, lampirkan formulir beserta berkas-berkas yang uda disusun menurut no urut diatas.
5. Setelah itu no antrian lo akan dipanggil untuk menyerahkan berkas.
6. paspor dan berkas lo yang diserahkan akan di tahan di kedutaan, dan baru akan selesai 4 hari kemudian
7. Jam untuk mengambil visa di kedutaan Jepang adalah pukul 01.00 - 15.00
8. Ketika lo ngambil visa lo yang udah jadi di loket, lo akan diminta membayar biaya visa yaitu 350.000.
9. Terus kalo udah ? Selsai deh, selamat menikmati High-Tech dan keramahan Jepang :D

Fyi kalau lo bikin visa lewat travel lo akan diminta bayar 450.000-500.000, tapi anehnya lo juga akan diminta persyaratan yang sama kaya diatas. Terus fungsinya travel agent apa kalo sama sama smua lengkapin sendiri ? ya travel itu fungsinya cuma ngewakilin kehadiran lo doang, kali kali lo ga punya waktu buat ke kedutaan. Padahal prosesnya juga cepat kok cuma datang 2 kali, dan sekali datang paling hanya 30-60 menit. Jadi menurut gue rugi aja bikin di travel agent tapi sama sama harus mikir ribet hehe.

Kalau dokumen lo udah lengkap dan ngikutin tutorial diatas *ciee dijamin lolos kok, Gampang kan ? Mereka pasti akan meloloskan asal semua jelas dan mengikuti persyaratan, gak akan di aneh anehin hehe.

Oke Good Luck ! 


cheers,
Kadek Arini


You Might Also Like

4 comments