Mudah nya E-Visa dan VoA Kyrgyzstan untuk Indonesia

6:52:00 AM

Negara asia tengah memang kebanyakan memberlakukan E-Visa untuk turis yang mau berkunjung. Alamnya cantik, kulturnya menarik, dan visa nya gampang. Hanya sayangnya, tiket ke Asia Tengah dari Indonesia masih terhitung mahal, tapi dibanding dengan pengalaman yang di dapat it’s all worthed.

Visa ke Kyrgyzstan tergolong cukup mudah. Beberapa tahun terakhir, bahkan Kyrgyzstan sudah memberlakukan E-Visa untuk memudahkan pengungjung yang mau berwisata. Kemarin aku sengaja mau mencoba apply E-Visa dan VoA, karena supaya bisa dibandingkan nantinya. Aku apply E-Visa dan Nyoman (my boyfriend) apply Visa On Arrival. Untuk E-Visa, di website resmi nya tertulis "Please avoid buying the air ticket before getting the notice of approval to you the electronic visa".

LANGKAH APPLY E-VISA KYRGYZSTAN
1. Website resmi apply E-Visa Kyryzstan yaitu http://www.evisa.e-gov.kg/
2. Di halaman depan, langsung pilih Apply For Visa. Pastikan paspor masih berlaku maksimal 6 bulan dari tanggal habis berlaku, ketika kamu tiba di Kyrgyzstan.
3. Kemudian masuk ke halaman pertama pengisian data :
Pilih Individual Visa > Ordinary > Tourist > Single Entry-30 days. Jenis visa nya disesuaikan, kalau memang mau multiple silahkan pilih multiple. Harga Single entry 30 days yaitu 41.20 USD. 

4. Halaman kedua, Setelah mengisi data halaman pertama, kita akan diminta untuk check email. Kalau tidak masuk inbox bisa check di spam, karena pengalamanku kemarin emailnya masuk ke spam hahaha.

5. Halaman ketiga, mengisi additional data disesuaikan dengan data yang ada di paspor, pokoknya jangan ada yang berbeda sedikitpun. Di halaman ini juga akan diminta, pekerjaan dan kantor tempat bekerja. Kalau punya bisnis online, ditulis aja nama toko nya, dan kalau freelancer, ditulis aja salah satu client tempat bekerja. Contact of inviting party tidak usah diisi kalau tidak ada yang mengundang. Nama tempat yang akan dikunjungi dan hotel tempat menginap harap diisi, sebutkan saja nama hotelnya, biasanya aku book di booking.com dan cari yang ada ketentuan free cancellation fee. Jadi kalau memang hotel nya belum fix bisa di cancel tanpa kena charge. Purpose of visit pastikan isinya untuk tourism.

6. Halaman ke-empat, upload pas foto dan scan passport. Di sana tidak tertera spesifik ukuran foto, jadi aku pake foto ukuran 4x4 saja dengan background putih. Dan ini fotonya pake hp di rumah hahaha. Scan passport pake scanner, kalau gak punya scanner bisa pake apps i-scanner nanti hasilnya udah kaya di scan pake mesin. Other documents, kalau punya bukti booking hotel boleh di upload.

7. Halaman ke-lima, adalah review data yang sudah diisi, diperiksa lagi apakah sudah sesuai dengan yang tertera di paspor, kalau ada yg tidak sesuai masih bisa di edit.
8. Halaman ke-enam, adalah pemilihan metode pembayaran. Metode pembayaran hanya bisa dilakukan denga credit card. Kalau gak punya credit card, bisa pake Jenius yang E-Card, itu formatnya sama dengan credit card. Caranya, bisa baca di artikel sebelumnya ya :
Transaksi dan Tarik ATM di Luar Negri Menggunakan Jenius


9. Selesai, setelah itu kita akan di email bahwa pembayaran berhasil, kita akan menerima email konfirmasi


10. E-Visa Kyrgyzstan akan di proses 3 hari kerja, aku apply tanggal 7 september dan e-visa jadi tanggal 10 september 2019

Konfirmasi E-Visa Kyrgyzstan approved

11. E-Visa di print out dan ditunjukkan ke pihak imigrasi ketika sampai di Kyrgyzstan.

APPLY VOA KYRGYZSTAN

 
Kalau gak sempet bikin E-Visa, gak usah panik, karena Kyrgyzstan masih terima VOA. Kalau VOA lebih simple, karena gak usah isi data sebanyak itu, tinggal terbang aja ke negara tujuan. Nah aku mau share pengalaman ketika aku VOA di Kyrgyzstan :


1. Karena VOA, disarankan kita memiliki pas foto 2 lembar, tidak ada syarat tertentu, jadi aku print aja 4x4 cm dengan background putih.
2. Print out juga bukti pesan hotel dan tiket PP
3. Print out Fotokopi Paspor
4. Ketika mendarat di bandara Manas International Airport, langsung tertera counter "Visa on Arrival". Lumayan banyak yang apply VOA, dan antriannya berantakan, gak ada line nya. Karena kita sampai di Bishkek pukul 05.00 pagi, jadi hanya ada satu staff ibu-ibu yang mukanya sepet banget.
5. Kita diminta isi formulir, basic information yang kaya tertera di paspor.
6. Kemudian bayar cash pake USD 50 (kalau bisa uang pas), untuk waktu tinggal selama 1 bulan, langsung jadi dalam waktu 5 menit.
7. Selesai, simple banget dan kita bisa langsung ke imigrasi.

Jadi sekarang tinggal pilih, lebih simple yang mana ? Kalau aku boleh pilih, mending aku pilih VoA karena gak pake deg-deg an nunggu proses E-Visa diterima apa enggak. VOA udah pasti diterima hahaha, Cuma ya memang lebih mahal bayar visanya.


Cheers,
Kadek Arini
Follow me on 
Instagram : @kadekarini

YouTube : Kadekarini



You Might Also Like

0 comments