10 HAL DASAR TENTANG TRAVELING DI KYRGYZSTAN

7:11:00 AM


Pertama kali mendengar nama Kyrgyzstan ketika aku lagi solo traveling di Turkey Timur. Turkey Timur berbatasan langsung dengan Iran dan beberapa negara asia tengah lainnya. Aku ketemu dengan seorang backpacker asal Kanada yang baru saja menyelesaikan perjalanan nya di Asia Tengah selama 3 bulan. Waktu itu aku mengobrol banyak dan bertanya "so, which one is your favorite country ?" He answered "KYRGYZSTAN", sambil nunjukin foto foto yang dia ambil di Kyrgyzstan.


Disitulah awal ketertarikan aku untuk mengunjungi Kyrgyzstan. Yang paling bikin aku tertarik adalah lansekap negara nya yang dikelilingi oleh gunung-gunung dan bukit bersalju. Kedua, kultur masyarakatnya yang merupakan seorang nomaden, akan menjadi sebuah pengalaman baru buatku. Tiga tahun kemudian, tepatnya bulan September 2018, sampailah aku di Kyrgyzstan atau biasa disingkat dengan Kirgis/Kirgistan untuk mengeksplor keindahan negara ini.

1. VISA KE KYRGYZSTAN
Orang Indonesia yang ke Kyrgyzstan bisa apply E-Visa atau VoA. Kemarin aku sendiri coba untuk E-Visa dan Nyoman coba untuk proses VoA. Lebih mudah yang mana, bisa di baca disini :
 
Baca : Mudahnya masuk Kyrgyzstan dengan E-Visa dan VoA untuk Indonesia

2. WAKTU TERBAIK KE KYRGYZSTAN

Bulan Juni-September adalah waktu terbaik untuk mengunjung Kirgis, karena suhu nya pas tidak terlalu dingin, yaitu sekitar 17-20 derajat Celsius. Bulan Oktober, Kirgistan sudah mulai salju sampai bulan Mei.

3. TIKET PESAWAT KE KYRGYZSTAN
Penerbangan dari Jakarta ke Kirgis tidak banyak. Tujuannya adalah ke Manas International Airport yang terletak di Bishkek, ibukota Kyrgyzstan. Biasanya yang memiliki rute hanya airlines timur tengah yaitu; Emirates, Etihad, dan Turkish Airlines yang memiliki connecting flight langsung ke Bishkek (ibu kota Kirgis). Dari Malaysia ada Air Astana, airlines asal Kazakstan yang akan transit di Almaty (ibu kota Kazakstan). Aku sendiri menggunakan Emirates yang transit di Dubai selama 14 jam. Kebanyakan rute memang transit nya lama, karena penerbangan dari Dubai ke Bishkek dalam sehari hanya ada 1 jadwal yaitu di pagi hari pukul 05.00 menggunakan Fly Dubai yang juga merupakan bagian dari Emirates. Harga tiket untuk bulan September yang aku beli 3 minggu sebelumnya yaitu 17 juta rupiah/Pulang Pergi.

4. CUACA KYRGYZSTAN
Bulan September, suhu nya saat siang sekitar 17-20 derajat, jadi enak banget untuk eksplor. Beberapa daerah seperti di Lenin Peak (mountain area) cukup rendah bisa 0 sampai -3 derajat ketika malam.

5. INTERNET DI KYRGYZSTAN

Paket Internet di Kyrgyzstan murah banget. Ketika kita keluar airport, bahkan kita akan dibagikan simcard lokal secara free, namun kita harus mengaktifkan paket internetnya di counter nya nanti di kota. Satu-satu nya counter simcard yang ada di bandara adalah MegaCom, dan juga yang koneksi nya paling bagus di Kyrgyzstan. Untuk 10 GB harganya Cuma 25.000 rupiah. Aku pake untuk 2 minggu juga masih sisa hahaha. Di counter nya langsung bisa diaktifkan, dengan menyerahkan paspor kita.

6. ORANG LOKAL DI KYRGYZSTAN
Masyarakat Kyrgyzstan biasa disebut dengan "Kirgis People". Bahasa lokal orang Kirgis adalah Bahasa Kirgis atau Bahasa Rusia. Di Bishkek khusunya di hostel, staffnya bisa berbahasa inggris meskipun terbata-bata. Namun untuk di luar penginapan, kebanyakan tidak bisa Bahasa inggris. Mayoritas agama orang Kirgis adalah muslim. Banyak banget kultur baru yang aku pelajari dari orang-orag Kirgis, pembahasan tentang orang Kirgis akan aku bahas di artikel terpisah. 


7. MATA UANG KYRGYZSTAN
Mata uang di Kirgistan adalam "som", nilai tukarnya dalam 1 som adalah 200 rupiah. Meskipun nilai tukarnya diatas mata uang rupiah, tapi bisa dibilang biaya hidup di Kirgis lebih rendah atau "murah". Kami suka bercanda setiap habis makan di restoran di Kirgis "baru kali ini aku merasa jadi orang kaya setiap habis bayar bill makanan di restoran di Kirgis" hahahhaha.

Di Kirgistan masih agak sulit transaksi gesek kartu, jadi selalu sediakan uang cash. Uang som aku tarik cash di ATM bandara dengan kartu debit Indonesia. Kartu Debit Indonesia apapun bisa digunakan di Kirgistan selama ada symbol Visa, mastercard atau cirrus. Untuk tata cara tarik cash atm menggunakan kartu ATM Indonesia baca disini :
 
BACA : TARIK TUNAI DI ATM LUAR NEGRI

8. MAKANAN DI KYRGYZSTAN


Sekali makan untuk berdua, kita bayar 60-70 ribu dan itu udah menu banyak bisa untuk 3 orang. Jenisnya pun daging-dagingan. Di Kirgis lebih mudah cari daging kambing daripada daging ayam. Jadi kalau kita sebut "meat" ya berarti itu daging kambing. Kebanyakan makanan olahannya daging kambing/domba. Kalau gak bisa makan daging kambing kaya aku, harus simpen foto ayam untuk ditnjukkan ke pegawainya, karena kalau kita ngomong chicken gitu gak akan ngerti, di bawainnya kambing juga (pengalaman pribadi). Makanan pokok orang kirgis terutama roti, karena masih kebawa kultur Rusia.

9. TRANSPORTASI DI KYRGYZSTAN
Bisa dibilang, Kirgistan tidak memiliki transpotasi public yang nyaman untuk turis. Kalau di dalam kota, ada mobil angkutan yang kalau versi Indonesia nya kita sebut ‘’angkot". Di Kirgis disebut dengan "marshrutka", agak susah ya di baca nya hahaha. Tarif marshrutka jarak dekat hanya 2000 rupiah per rute, kalau agak jauh sepertinya tidak lebih dari 5000 rupiah. Jadi kalau mau jalan ke luar kota, kebanyakan menyarankan untuk shared taxi. 

10. APPS YANG HARUS DI DOWNLOAD
Google translate always on the go ! 90% orang Kirgis tidak bisa berbahasa Inggris. Jadi mereka berbicara Bahasa Kirgis dan Rusia. Download google translate offline jadi kalau tidak ada koneksi internet bisa tetap digunakan. Untuk offline google translate hanya ada Bahasa Rusia, kalau Bahasa Kirgis hanya bisa digunakan jika sedang online. Huruf nya sepintas sama, namun ternyata berbeda. Tapi 90% orang Kirgis bisa dua Bahasa Rusia dan Kirgis.

Cheers,
Kadek Arini
Follow me on 
Instagram : @kadekarini

YouTube : Kadekarini



You Might Also Like

0 comments