Tips Packing Musim Salju dengan tas 4 kilogram (Japan Part 2)

10:41:00 PM

Percaya ga 10 hari di Jepang saat winter gue cuma bawa barang bawaan seberat 4 kilogram ? Bahkan gue sendiri kaget saat nimbang barang bawaan gue cuma 4 kilo hahaha. Banyak yang nanya gimana caranya dek ? Lagi lagi gue akan kasi tips, semoga gak bosen ya sama tips-tips gue haha. Tips yang akan gue berikan berkaitan dengan gimana caranya meringankan tas pada trip musim salju.

Saat musim salju, suhu akan mencapai 0 derajat celcius, bahkan sampai -8 derajat celcius. So pasti barang bawaan ga akan bisa seringan bawaan trip summer. Karena tentunya pakaian yang dibawa akan berlapis-lapis, coat yang tebel, sepatu boat, segala aksesoris pendukung dingin. trust me, saat musim dingin orang orang itu akan menjadi lebih fashionable tanpa harus mersa kedinginan. Terus penting gak sih semua aksesoris itu ? Penting banget ! karena bukan hanya membuat jd lebih fashionable semua aksesoris itu sangat berfungsi banget kaya penutup kuping, beannie, syal wol yang tebal,sarung tangan, dan lain lainnya.

Tips Packing untuk Musim Salju dengan hanya 4 kilogram

1. Membawa Long Jhon
Membawa Long Jhon saat musim salju itu adalah super duper penting banget. Longjhon itu bentuknya seperti pakaian ketat atas dan bawah yang didalamnya terdapat termal, sehingga bisa menjaga suhu tubuh jadi lebih hangat. 

2. Bawalah pakaian dalam secukupnya
Gak usah berlebihan membawa pakaian dalam, karena gak akan kepake kalo versi liburan ala gue, untuk underwear cukup hitung 1 hari 1 (8x1 = 8), untuk bra 2 hari sekali saja (8 : 2 = 4), handuk kecil satu. Gak usah lebay, karena disana lo akan ngerasa kedinginan terus dan gak akan mau mandi. Dan tau ga sih faktanya orang orang Asia timur itu kalau mandi 3 hari sekali lho, orang Indonesia aja yang kerajinan mandi 2 kali sehari.

3. Berlapis lapis lebih menjaga suhu tubuh daripada memakai satu coat tebal
Yap ! percuma aja kalo lo cuma pake coat setebel bulu domba,tapi ga ada lapisan lagi di dalamnya. Karena yang penting itu berlapis lapis. Ilustrasi gue untuk berpakaian lapis seperti dibawah ini, dimulai dari yang paling dalam :
a. Long Johns
b. Kaos tangan panjang
c. Sweater woll
d. Coat

4. No Alat mandi
Jujur gue gak bawa alat mandi sama sekali, cuma bawa sikat gigi dan facial wash saja dari rumah, toh selama nginep di hostel di Jepang, semua hostel meyediakan sabun dan shampo yang bisa digunakan bersama. Tinggal kalian aja mau gak sharing, kalo gue sih no problem, daripada berat bawa bawa di tas haha.

5. Lotion dan Lipbalm untuk kulit bersisik
kalo tadi No alat mandi, tapi YES untuk lotion, karena di suhu dingin kulit kita akan kering bahkan sampai bersisik terkelupas, terutama pada bagian kaki, begitu juga bibir yang akan pecah pecah. Gue sarankan sih untuk pake Vaseline petroleum jelly yang bisa multifungsi untuk kulit dan bibir juga (bisa di cari gambarnya di google).

6. Aksesoris 
Aksesoris sangat penting. Udara dingin akan cepat masuk ke seluruh tubuh melewati ; ubun ubun kepala, telinga, leher, jari jari tangan dan juga kaki. Oleh karena itu aksesoris ini sangat penting.
a. Beannie berfungsi untuk menutup ubun ubun kepala kita dari udara luar, 
b. Penutup kuping berfungsi untuk menutup kuping
c. Syal woll, adalah bagian paling penting, kalau bisa memilih syal yang tebal dan bisa didlilit menutup leher sampai dibawah dagu.
d. Sarung tangan, salah satu bagian vital udara dingin masuk yaitu melewati jari jari tangan. Pilihlah sarung tangan yang tidak terdapat lubang atau No Knit. Waktu di suhu -6 derajat celcius gue memakai 2 lapis sarung tangan. Karena kalau pakai sarung tangan gue ga bisa sentuh layar iphone, dan saat itu gue mau foto, jd mau ga mau gue lepas sarung tangan untuk hanya 1 menit aja tangan gue udah mati rasa hahaha, kapok banget, makanya jarang ada foto2 di salju karena kedinginan.
e. Kaos kaki woll dan sepatu boot, kemarin gue pake kaos kaki biasa, dilapis kaos kaki woll dan baru dilapis pakai boat shoes docmart. Atau bisa juga langsung pakai boot shoes yang dalamnya berbulu, jadi sudah menghangatkan.

7. Tas tangan
Tas tangan untuk dibawa saat travel, saat jalan jalan untuk dompet dan passport harus selalu ada di tas tangan yang mudah di jangkau. Karena pasport adalah satu satunya hal krusial saat lo jadi turis di luar negri, kalau hilang imbas paling buruknya lo ga akan bisa pulang dan harus ngurus di bagian imigrasi negara tersebut which is gak cuma makan waktu sebentar lho. jadi jangan sampai hilang atau ditaruh hanya di kantong jaket ya !

8. Obat obatan
Tolak angin, freshcare dan antimo adalah penyelamat gue saat trip haha. Tolak angin biasanya gue minum kalau habis tidur di tempat yang bukan tempat tidur ex: tidur di bandara,tidur di tenda. Fresh care dan antimo biasanya gue pake di pesawat, karena jangka waktu terbang yang cukup lama (7 jam untuk KL-OSAKA). Antimo dan freshcare bisa buat gue tidur kaya orang mati dan bangun bangun udah sampe haha.

9. Kamera
Terakhir tentunya kamera dong, saat ke Jepang gue bawa kamera DSLR dimana cukup berat, tapi masih ada cukup space kok di tas gue :D

setelah sudah tersusun tas ditimbang dulu di rumah apakah melebihi berat maksimum atau tidak.

Nah semua itu yang gue bawa saat ke Jepang di musim salju.  Udara dingin Selama 10 hari perjalanan cukup membawa 1 pasang long johns(atas bawah), 1 stockoing hitam, 4 kaos tangan panjang, 2 sweater woll, 2 coat tebal, satu celana jeans,1 rok, 2 syal, 2 beannie, 2 sarung tangan (no knit), 2 kaos kaki, 1 kaos kaki woll, 1 boot shoes (langsung dipakai). Dengan tas carrier Deuter Futura Pro 40lt sangat amat recomended, juga masuk cabin. Persyaratan tas masuk kabin adalah maksimal berat 7 kg, jadi pastikan berat tas lo gak akan lebih dari 7 kg, karena kalau lebih harus beli bagasi which is lo harus bayar bagasi tambahan. 

Arriving at Kansai Airport

Tips Lolos Kabin dengan Tas 40lt

Kadang saat kita check ini di counter, petugas check in counter maskapainya suka berlebihan menganggap tas kita untuk masuk kabin. Padahal tas kita hanya berat 4 kilo dan ukurannya juga tidak melebihi batas. Ya gak lain dan gak bukan itu supaya kita harus bayar bagasi. Caranya supaya lolos adalah.

1. Manfaatkan Online Check in
Usahakan lo menggunakan fasilitas online check in, karena selain kita gaka akn telat check in, kita gak harus berhadapan langsung dengan petugas penjaga counter check in, jadi menghindari untuk di ceknya cabin bagagge kita oleh petugas.

2. Pastikan berat tas tidak lebih dari 7 kilogram

3. Jangan bawa tas selain tas backpack carrier, karena bawaan lo akan terlihat sangat banyak, usahakan tas tangan dimasukan ke dalam tas carrier, sehingga barang bawaan terlihat lebih sedikit.

4. Sok cool, ketik lo udah check in online, gak akan ada lagi yang akan ngecek tas bawaan lo, tapi itu tentunya kalau tas nya gak lebay ya, itu tadi backpack jangan yang lebih dari 40lt. Gak akan ada yg negur, karena memang tas ukuran segitu harusnya lolos, cuma biasanya memang petugas counter check in nya suka rese.

Seperti itu tips gue, semoga bermanfaat dan gak bosen ya sama tips nya :D




cheers,
Kadekarini






You Might Also Like

4 comments