Goa Rangko Flores, Kecantikan yang Belum Tereksplor

5:43:00 PM

Kalau sebelumnya ada Goa Haji Mangku yang juga memiliki crystal clear water inside the cave yang pernah saya kunjungi. Kali ini goa yang serupa juga ada di tanah Flores. Goa Rangko sendiri baru di temukan sekitar 4-5 bulan terakhir, dan bukan merupakan tempat wisata. Seperti kita tahu banyak sekali tempat-tempat indah di Indonesia yang belum ter eksplor dan dijadikan resmi tempat wisata. Sama halnya seperti Goa Rangko ini. Saya sebenarnya agak ragu untuk share tempat ini, bukan karena pelit, tapi saya takut dengan membahas nya di sosial media saya akan banyak orang-orang yang bisa di sebut "traveler dadakan" beramai-ramai pergi kesana hanya untuk mendapatkan foto yang bagus di instagram tanpa menjaganya.
Kemarin saya kesana, di dalam goa tidak ada sampah, meskipun ada satu vandalisme di atas batu karang yang bertuliskan "akbar". Dear akbar, sumpah lo norak banget !. Dengan semakin banyak nya orang "hits" yang datang, pastinya akan berdampak pada kebersihan dan kejernihan air yang menjadi titik keindahan tempat tersebut. Bayangkan betapa pengap nya kalau goa itu di penuhi banyak orang, atau air yang biru jernih itu akan berubah menjadi keruh karena terseret oleh banyak nya orang yang berenang, atau beratus-ratus puntung rokok yang di lempar begitu saja oleh para orang-orang sok hits. Huf, terkadang eksploitasi berlebihan memang tidak baik.

Well, let's talk about responsibility, seberapa ketat nya kita menyembunyikan pasti akan ketauan juga, solusinya adalah menyadarkan diri sendiri dan teman-teman untuk tetap menjaganya agar keindahannya tidak hilang. Please be a responsible traveler and leave only footprints !

Goa Rangko sendiri terletak di Desa Rangko, sekitar 40 menit dari Labuan bajo dengan berkendara motor atau mobil. Kemudian kita harus menyebrang lagi lewat dermaga selama 20 menit untuk sampai di Goa Rangko. Jika datang pada pukul 09.00-10.00 am, kita akan melihat pulau gusung yang muncul di tengah. Pulau gusung yaitu gundukan pasir yang muncul di tengah laut, namun setelah jam 11.00 am, gundukan pasir ini akan hilang terhapus oleh air pasang.

Hati hati kalau berenang di Goa rangko, usahakan berenang di bagian yang terlihat terang saja, karena aura yang di rasakan di goa bagian gelap agak berbeda. Konon juga di goa ini masih terdapat ular goa yang suka bersembunyi di goa dan batu batu dan disebut sebut karnivor yang suka memakan ikan, kepiting dll.

HOW TO GET THERE
- You can rent motorcycle with rider cost around IDR 100.000-200.000 from Labuan Bajo, just ask the local people. Try as best as you can to not going on rainy season, because the road is so bumpy.
- When arrive in Rangko Village, you can take the boat ride and it cost around IDR 250.000-350.000/boat in return.
- Once you arrive at the beach, you need to walk for 5 minutes on the rocky land to reach the cave. 
- There is no toilet to change your clothes after swimming, you need to ask to local people if you need it.

WHAT THE BEST TIME
- The best time to get here is around 12.00 am - 02.00 pm, because at that time, the sun light is perfectly shine the cave which makes the water looks more crystal.

PS : Semua foto di ambil oleh Samsung NX30, pejalanan ini di biayai oleh Samsung Indonesia untuk NX Trip Flores. Untuk foto-foto lainnya bisa di lihat di instagram dengan hashtag #NXTripFlores

cheers,
kadekarini

You Might Also Like

0 comments