8 Kuliner Cirebon yang Harus di Coba

10:51:00 AM

 




Biasanya kalau ke Cirebon cuman lewat doang. Tapi perjalnaan bareng #PesonaCirebon kali ini berhasil menambah daftar wisata kuliner favorit saya. Ternyata Cirebon punya banyak makanan khas yang unik.

Empal Gentong
Makanan satu ini memang sudah terdengar tidak asing. Kalau empal gepuk berasal dari Bandung, Cirebon punya empal gentong yang terkenal. Biasanya di rumah makan empal disediakan dalam bentuk 2 sajian, empal gentong dan empal asam. Empal gentong yaitu berupa daging sapi yang di potong dadu kemudian di sajikan dengan kuah santan. Terasa lebih gurih dan paling cocok di dampingi dengan lontong atau nasi.


Empal Asem
Empal asem sekilas terlihat sama, hanya berbeda pada bagian kuah. Empal asem memiliki kuah yang bening, seperti namanya “empal asam” rasa kuahnya memang agak masam namun tidak se masam sayur asem.
Tahu Gejrot
Siapa yang tidak tahu tentang makanan yang sudah akrab di teling semenjak jaman sekolah dasar ini. Tahu yang di gunakan pun tidak sembarangan, melainkan harus tahu Sumedang. Waktu mau pesan pasti di tanya dulu, mau pedas apa engga, karena cabai potong nya akan di sesuaikan dengan pesanan. Buat beberapa orang, tahu gejrot itu ya harus pedas, kalau ga pedas bukan tahu gejrot namanya. Tahu berkuah ini memang sangat unik, Karena kuahnya adalah perpaduan air asem, gula jawa, bawang merah, garam dan cabai ijo potong. Di sajikan di piring kecil yang terbuat dari batu lengkap dengan tusuk gigi untuk menyantapnya.
Nasi Lengko
Nah ini dia khas nya Cirebon, sebenernya ini nasi putih biasa, tapi hanya sedikit di kasi ornamen di atasnya berupa bumbu kacang, beberapa sayuran dan tidak lupa telur asin.

Nasi Jamblang
Nasi jamblang yang saya coba di Nasi jambang Bu Nur, beberapa orang Cirebon merekomendasikan nasi jamblang Bu Nur karena temaptnya yang nyaman untuk kapasitas grup. Yang unik disini adalah, meja dan kursi yang tingginya sejajar. 
Bentuknya prasmanan, dan kita harus mengantri untuk memilih lauk pauk. Nasi yang disediakan juga sudah di bungkus dengan porsi seperti nasi kucing Yogja, yaitu hanya segenggam telapak tangan. Makanya banyak beberapa orang yang memesan lebih dari satu nasi. Lauknya sangat beragam, tetapi salah satu khasnya adalah beragam pepes, mulai dari pepes telur asin, pepes jamur, pepes ikan dll.
Sate Kalong
Ini sate terkenal banget karena namanya yang cukup bikin penasaran. Sate kalong ??? sate daging kalong ?? Ternyata bukan, disebut sate kalong karena sate daging kerbau ini hanya buka saat malam hari diatas jam 5 sore sampai tengah malam.

Daging kerbau tersebut di baluri bumbu kacang yang di campur dengan oncom kemudian di siram dengan air kaldu hasil rebusan daging kerbau tadi. Rasa dari sate kalong ini manis, karena saya pecinta makanan gurih yang manis jadi saya kurang suka.
Mie Koclok

Sekilas Mie ini mirip seperti mie celor Palembang, tapi ternyata setelah saya coba rasanya berbeda sekali. Kalau kuah mie celor lebih terasa sekali rempahnya, lain hal nya dengan mie koclok. Kuah warna putih tersebut merupakan perpaduan antara kaldu ayam, tepung maizena, garam, merica dan juga santan kental.

Nasi Bogana
Nasi gurih berbalut parutan kelapa ini yang hanya bisa di temukan di Keraton Kacirebonan. Namanya unik banget yaitu Nasi Bogana Raja yang berarti nasi paket super lengkap. Disajikan dngan ayam potongan ayam kampung rebus yang di beri bumbu kelapa. Nasi nya terasa gurih karena dicampur dengan parutan kelapa, hampir mirip kaya nasi uduk tapi tekstur kelapa nya masih berbentuk nyata menyatu denga nasi. Kalau mau kesini harus siap siap menunggu, karena hidangan di sajikan lumayan lama.

Untuk melihat liputan dan foto foto lainnya bisa di klik dengan hashtag #PesonaCirebon via twitter atau instagram.



Cheers,
Kadekarini
website : www.kadekarini.com
Instagram : @kadekarini
twitter : @kadekarini
snapchat : kadekarini
steller : kadekarini


You Might Also Like

0 comments