60 MENIT KERETA JAKARTA – SOEKARNO HATTA AIRPORT

10:07:00 AM


Akhirnya bisa cobain juga pertama kali naik kereta api dari Jakarta ke Soekarno Hatta Airport. Waktu pertama kali denger kereta ini dimunculkan satu bulan yang lalu, aku sangat excied banget. Karena terkadang gak tahan sama macetnya kota Jakarta, yang membuat setiap berangkat ke airport harus 3 jam sebelum jam penerbangan. Melihat beberapa negara tetangga sudah meluncurkan kereta bandara ini lebih dahulu untuk mempermudah akses ke Bandara, sudah saatnya Jakarta juga punya khususnya sebagai ibu kota.


Beli tiket di vending machine

Kereta api ini bisa di naikki dari Stasiun Manggarai, Stasiun Sudirman Baru dan Stasiun Batu Ceper. Tapi per tanggal 5 Februari baru bisa diakses dari Stasiun Sudirman Baru dan Stasiun Batu Ceper saja, kalau sudah bisa diakses dari Stasiun Manggarai sebenarnya akan lebih mudah, nanti jika sudah bisa akan aku update di artikel blog ini.

STASIUN SUDIRMAN BARU – SOEKARNO HATTA INTERNATIONAL AIRPORT

Kalau menggunakan commuter line, kita turun di Stasiun Sudirman. Setelah turun kereta di Stasiun Sudirman, kita tinggal jalan kearah pintu keluar dan mengikuti terowongan untuk ke Stasiun Sudirman Baru  dengan jarak sekitar 200 meter atau 10 menit berjalan kaki.

HARGA TIKET KERETA JAKARTA – SOEKARNO HATTA AIRPORT
Harga tiket kereta saat pertama kali diluncurkan yaitu 30 ribu rupiah, namun pemerintah sudah menetapkan tarif normal nya yaitu sebesar 70 ribu rupiah. Berlaku ke semua jenis pemesanan, baik via nternet atau pembelian langsung di stasiun kereta.

Boarding pass tiket kereta
WAKTU TEMPUH KERETA JAKARTA – SOEKARNO HATTA AIRPORT
Waktu tempuh dari stasiun Sudirman Baru menuju ke stasiun Soekarno Hatta Airport yaitu 60 menit dan pengalamaku sangat tepat waktu. Jadwal berangkat pukul 10.51 dan tiba pukul 11.48 sesuai dengan waktu yang tercantum di boarding pass. Untuk melihat jadwal keretanya bisa ke websitenya langsung disini  https://reservation.railink.co.id/

PESAN TIKET KERETA JAKARTA – SOEKARNO HATTA AIRPORT DI INTERNET

Cara pertama adalah mengakses website nya langsung di https://reservation.railink.co.id/ tinggal isi data dan pilih jadwal kereta yang diinginkan. Bisa juga dengan mendownload apps nya untuk android dan ios. Tapi perlu diketahui, pemesanan tiket kereta melalui internet ini hanya berlaku 2 jam sebelum pemberangkatan. Jadi kalau sudah lewat dari 2 jam keberangkatan yang kita inginkan, jadwal itu tidak akan muncul ketika di search. Kalau sudah beli tiket via internet, tapi ternyata kita terlambat, tiket kereta yang sudah dibeli tidak bisa di-reschedule, tapi bisa di-refund dengan uang kembali sebesar 70% dari harga yang dibayarkan.


PESAN TIKET KERETA JAKARTA – SOEKARNO HATTA AIRPORT DI STASIUN

Cara kedua bisa langsung membeli tiket di stasiun Sudirman baru. Ada tiket counter machine, jadi bukan berupa loket, tapi mesin, dan tenang saja karena tetap ada petugas yang akan membantu. Tiket counter ini berada di lantai 2. Dari ketibaan di drop off, kita harus naik satu lantai. Pemesanan di Stasiun langsung ini cukup mudah dan cepat, karena hanya memasukkan nomor handphone saja dan memilih jadwal keberangkatan. Kemudan langsung ter-print langsung boarding pass dan nota pembelian. Pemesanan tiket di stasiun langsung ini batas waktunya adalah 10 menit sebelum jadwal keberangkatan.

BOARDING MENUJU PERON

Langkah selanjutnya adalah turun ke bawah menuju peron. Sebelum masuk ke peron, boarding pass kita yang ada barcode nya akan di scan dulu, jadi boarding passnya jangan sampai hilang ya. Karena keluar dari stasiun ketika sampai di Stasiun Bandara juga menggunakan barcode yang sama.


TENTANG KERETA JAKARTA – SOEKARNO HATTA AIRPORT
Ketika mausk kedalam kereta, mengingatkan aku dengan kereta dari bandara Kualanamu untuk menuju kota Medan, karena interior nya sama persis. Di dekat pintu terdapat tempat penyimpanan koper. Tempat duduk luas dan sangat nyaman untuk perjalanan 45 menit. 

Interior dalam kereta Jakarta - Soekarno Hatta Airport
DARI STASIUN BANDARA KE T1,T2,T3
Kereta bandara ini akan berhenti di stasiun bandara. Lalu bagaimana untuk menuju terminal nya ? Kita harus menyambung dengan skytrain. Dari stasiun bandara ini kita akan naik satu lantai keatas untuk mengakses skytrain. Skytrain menuju T2 dan T3 ada disebelah kiri dan menuju T1 ada di sebelah kanan. Semua sangat jelas informasinya yang tercantum di signage. Di peron ini juga terdapat layar untuk melihat jadwal kereta skytrain, biasanya per 10 menit. Kemudian kita akan tiba di stasiun di masing-masing terminal, dan tinggal menyebrang untuk ke area keberangkatan.

TIPS NAIK KERETA JAKARTA – SOEKARNO HATTA AIRPORT DI STASIUN

Aku berangkat dari stasiun Sudirman Baru pukul 10.51 dan tiba di Bandara Soekarno Hatta Terminal 3 pukul 12.10. Jadi waktu total kurang lebih yang dihabiskan adalah 60 – 90 menit. Idealnya, jika memang mau menggunakan kereta bandara, lebih baik berangkat 2 jam sebelum jadwal pesawat untuk penerbangan domestik dan 3 jam untuk penerbangan internasional.

So far, keberadaan kereta bandara ini sangat membantu warga ibu kota Jakarta yang ingin ke Bandara, karena jika menggunakan taxi online kemungkinan pengeluaran adalah 100.000-200.000, belum lagi kemacetan Jakarta yang tidak bisa di prediksi, kereta api Bandara bisa menjadi option yang lebih baik.



Cheers,
Kadek Arini

FOLLOW ME ON
Instagram : @kadekarini
YouTube : Kadekarini

You Might Also Like

0 comments