Perjalanan ke Danau Kelimutu (Amazing NTT part 2)

7:46:00 AM

Hari ke 2 kita di NTT pun tiba, berdasarkan itinerary yang udah gue buat, tujuan pertama adalah Danau Kelimutu. Tau kan ? pasti tau dong !! Kalo belum tau, ini gue kasi fotonya yang legendaris.

Gak mungkin lupa, soalnya jaman SD biasa dipegangin jajannya duit goceng.

Akhirnya kesampaian kesini !! Terharu banget, padahal dari kecil ga pernah kepikiran untuk bisa traveling sampai kesini. Masih terharu juga, gue bisa ngejalanin trip ini pakai uang hasil kerja keras sendiri di umur yang masih 22 tahun dan belum resmi di wisuda hehe (ceritanya bangga).

Nah, kalo foto fotonya udah pasti bagus kan bisa diliat di sini, kadekarini.vsco.co , informasi juga bisa cari di wikipedia. gue akan mencoba menceritakan point point secara runtut untuk bisa mencapai Danau Kelimutu berdasarkan pengalaman pribadi gue, supaya yang gue share ini bisa berguna buat yang lain :D

Step to step to reach the peak of Kelimutu Lake
1. Berangkat dari Desa Moni jam 04.00 (untuk bisa mencapai basement kelimutu itu 45 menit)
Kendaraan :
a. Bisa naik ojek yang ditawarin sama warga lokal, tanya aja sama penunggu penginapannya mereka mau kasih info kok, tarifnya 150.000-200.000 pp/orang. Itu udah tarif standar.
b. Kalau kalian pergi banyakan, bisa sewa mobil, tarifnya itu 700.000/mobil dijemput dari bandara ende sampai besoknya sunrise ke danau kelimutu di jemput juga.
c. Cari kenalan ! hehe kemarin kita gratis soalnya lg hoki ditawarin sm pemuda lokal, gak usah takut ! sepengetahuan saya orang flores itu kalau mau membantu memang niat bantu kok. good luck
Persiapan :
a. Jangan lupa pake jaket yah, karena kalian akan naik motor subuh subuh di lereng gunung !
b. Bawa air putih ! karena lumayan capek naik tangganya
c. Dan yang paling penting bawa center, karena sama sekali ga ada penerangan selama                                      perjalanan.

2. Kemudian setelah 35 menit, nanti sudah masuk gapura Taman Nasional Kelimutu. Registrasi tiket dulu, 2500/orang + kendaraan motor 5000/motor.

3. 10 menit kemudian sudah sampai di parkiran kendaraan Danau Kelimutu, dari sana kita harus trekking lagi sekitar 1 jam, gak berat kok enteng karena sudah ada jalurnya. Awalnya akan jalan di tanah dan nanti  setengahnya lagi 1000 tangga itu, lumayan ngos ngosan buat subuh subuh sih hehe. Selama perjalanan siap-siap dengerin dan ngerasain angin yang kenceng banget yang suaranya kaya gmuruh, gue aja sempet kaget  padahal itu suara angin yang menembus pepohonan pinus yang lebat banget.


tangganya kaya gini

4. Udah sampai atas ? Keren banget kan !! Gue saranin sih langsung beli teh anget/kopi yang di jual sama ibu ibu diatas harganya 5000/gelas, soalnya anginnya diatas kenceng banget. Udah nikmatin kopi hangat langsung foto foto sebelum rame ! hehe


5. Jadi di tepi gunung kelimutunya itu dibatasin pager dan di tengahnya ada kaya tangga melingkar kaya bentuk tribun gitu.  Loncat aja dari pager biar foto pagernya bisa gak keliatan di frame, tp jangan jauh jauh ya soalnya itu licin masih bentuk pasir dan kerikil, kalo nyemplung suhunya bisa buat rebus telur hehe.


6. Danau pertama yang akan kalian temuin adalah Danau Tiwu Nua Muri Ko’o Fai (danau muda-mudi) yang waktu gue dateng lagi warna biru turquoise. Danau ke dua ada di belakangnya yaitu danau Tiwu Ata Mbupu yang pada saat saya datang sedang berwarna hitam. Menurut masyarakat setempat, danau ini adalah tempat bersemayamnya arwah para leluhur. Setelah meninggal, arwah tersebut akan pindah ke puncak Kelimutu untuk selamanya.

7. Udah puas puasin foto di danau part 1, sekarang turun menuju pulang nanti kalian akan melewati perkebunan buah kelimutu, nah pas turun tangga turun ke arah sebelah kiri, disitu ada tangga naik lagi menuju danau terakhir yaitu Tiwu Ata Polo (danau tukang tenung),  itu terletak tepat di samping Tiwu Nua Muri.

foto dulu di gapura yang waktu naik belum keliatan, karena ga ada penerangan.


Kira kira seperti itu step by stepnya untuk bisa mencapai Danau Kelimutu. Sampai jumpa di part 3 :D


cheers,
Kadekarini 



You Might Also Like

0 comments