Sailing Trip di Pulau Komodo (Amazing NTT Part 4)

5:12:00 AM


Ketibaan gue di Labuan Bajo yang terlalu larut memaksa gue untuk langsung menetapkan hotel dimana kami akan menginap. Akhirnya gue memutuskan untuk menginap di Hotel Pelangi karena tergiur oleh harga yang ditawarkan yaitu 50.000/orang. Dari luar sih hotelnya terlihat bagus, ada kamar bagusnya juga, tapi...ketika dibawa masuk kebagian kamar yang 50 ribu dan melihat kondisi kamar ketika pintu dibuka. Gue,shinta,raisa cuma bisa melongo liat liatan. Susah di jelasin dengan kata kata, kayanya gak rela buat ngeluarin semua kata kata kotor itu dari mulut gue haha. Intinya dari gue tidak recomended deh, dan cukup stay semalam saja :)

Besok paginya, jam 6 kita sudah bangun, langsung pergi ke kamar mandi bersama sebelum banyak antrian. FYI, kebanyakan yang menginap di hotel Pelangi ini adalah supir supir atau nelayan yang menunggu untuk nyebrang dari pelabuhan labuan bajo. Ada 3 kamar mandi sharing, dan ketiganya gak ada kuncinya, jadi kita harus ganti-gantian.
Jam 7 pagi kita udah siap, dan langsung meluncur ke pelabuhan untuk mencari kapal, karena menurut observasi gue, untuk sailing trip lebih baik nego harga langsung ke captain kapalnya, karena kalau lewat tour tour yang banyak di sekitar labuan bajo akan lebih mahal jatohnya. Ohya, sistemnya disini semakin banyak orang maka akan semakin murah di bagi biaya per-orangnya. Tapi karena kami cuma ber3 dan udah cari orang buat join susahnya minta ampun karena lagi musim hujan juga, jd gak banyak pengunjung datang. Jadilah kami ber3 saja lagi ! haha

Pelabuhan Labuan Bajo
Tawar Menawar Kapal
Sampailah pada bagian tawar menawar kapal, budget yang gue perkirakan adalah 700.000 untuk sailing trip 3 hari 2 malam. Tapi perkiraan itu melesat sangat jauh dikarenakan faktor : 1. itu harga 2 tahun yang lalu dan 2. Kedatangan kami tidak tepat karena saat gelombang lg tinggi jadi jarang ada nelayan yang berani menyebrang. 
Yang pertama akan ditanyakan saat tawar menawar adalah, jumlah orang yang ikut, dan rute pulau yang diinginkan. Karena waktu itu kami kekeh ingin ke Gili Lawa yang biasanya tidak masuk dalam touring sailing trip karena jaraknya yang paling jauh dari kepulauan komodo. Biasanya sebelumnya untuk 1 night sailing trip yang ditawarkan adalah pulau rinca, pulau komodo, pink beach, pulau bidadari, kenapa ? karena itu semua saling berdekatan, jadi nelayannya juga gak akan rugi kalau dipikir pikir hehe.
Tapi bukan Kadek Arini namanya kalau ga go straight to the ittinerary plan, hehe. Masa udah jauh jauh ke Flores datengnya tetep ke tempat mainstream ? Alhasil karena budget udah tipis, kita hanya pilih sailing trip yang  2 hari 1 malam saja dan mengorbankan Pulau Rinca dan Pulau Kanawa yang sebelumnya masuk list gue. Ini semua demi ngeliat kepulauan komodo dari puncak Gili Lawa !
Kembali ke budget, dari 2,7 juta untuk 1 kapal yang ditawarkan, akhirnya harga dealnya adalah 2,4 juta. 2,4 juta itu sudah termasuk biaya makan 3 kali, dan biaya hidup selama ditengah laut.
Siap siap masuk ke dalam kapal
Jangan harap kapalnya adalah kapal bagus nan mewah yang kaya di tayangan jalan-jalan men, karena kalau mau kapal kaya gitu, bayarnya 5 juta per hari ! haha itu sih budget gue selama seminggu di NTT. huff susahnya jd mahasiswa harus serba minim :(
ini dia penampakan kapalnya, itu shinta lagi keenakan makan pisang goreng
bangun pagi udah ada pisang goreng
ini dia view dari kamar kapal.

Hidup Di Laut (Sailing Trip)

1. Mandi
Jadi kapalnya itu adalah milik pribadi captain kapalnya namanya captain hussein, bentuk kapalnya seperti gambar diatas, terdiri dari 1 kamar 2mx1.5m satu deck kapal, satu dapur dan satu toilet. Kru kapalnya ada 2, yang satu captain nahkodanya dan yang satu lagi kru kapal yang akan masak makanan kita.
Terus bisa mandi ga ? pertanyaan itu akan terjawab dalam dialog ini :

Selesai snorkelling
shinta : gue ganti baju aja, ga mandi, ga ada air tawar
cap.hussein : ada itu air tawar di dapur
shinta : yang di dirigen itu pak ? kan cuma 3
cap hussein : iya itu
shinta : bukannya itu buat masak pak ?
cap hussein : iya pakailah satu dirigen untuk kalian mandi, yang 2 buat masak
shinta : yah pak, satu dirigen aja belum tentu cukup untuk saya sendiri, ntar kita masak pake apa.
cap husein : cuma ketawa

Jadi, initinya gak ada air tawar, selama 2 hari 1 malam kita gak mandi, bangun-tidur dengan kondisi rambut lengket air asin sampai kering lagi kena angin, nyebur lagi, lengket lagi, tidur, kering lagi dan seterusnya.Jadilah gimbal rambut kita selama 2 hari hidup di kapal itu.


2. Makan
Gak usah khawati soal makan ! All hail by Captain Hussein (ciegitu) hehe. Lauk yang disajiin beragam, dan porsinya banyak, ada cumi, ikan, ada buah buahannya juga, pisang goreng, teh hangat dan lain lain. Bahkan waktu pertama kali lihat hidangannya, kita langsung ngerasa ini tu adalah makanan termewah kita selama di Flores (sebelumnya cuma makan pake ikan teri yang dibawain nyokap gue, jd di warung cuma beli nasi polos 2 porsi buat ber3, dan ini terjadi selama 4 hari di Flores, lagi lagi kasian yah masih mahasiswa huhu). Ohya makan di Flores itu termasuk mahal lho, sekali makan paling engga perorang bisa habis 30.000, buat info kalian aja sih :)

cuma makan pake popmie sama teri :(


ini ceritanya udah upgrade, makan lengkap di kapal

3. Buang air 
Tapi ada toilet kan ? ada dong !! tapi gak ada septictank, jadi langsung nyemplung di laut. Pemandangan toiletnya langsung laut lho !! seru kan :D

pada posisi kapal berhenti di tepi pantai
Shinta : ah gue mau boker dulu ya
kadek : dih ntar aja pas ditengah laut ntar kan kita snorkeling disini
shinta : yah udah ga tahan dek
kadek : gue juga sih, yaudah deh bodo amat berenang bareng poop, abis lo gue yak !!

ya kira kira begitulah percakapan kita, udah ga peduli apapun lagi, yang penting hidup lancar jaya haha.

4. Aktivitas
Terus ngapain aja di Kapal ? ya kerjaannya cuma, tidur ditengah laut, bangun, snorkeling, makan, foto foto, gosip, tidur, bangun lagi, snorkeling lagi, tidur lagi dan seterusnya. Enak banget tanpa hirup pikuk kota, apalagi sore sore tidur di deck kapal sambil liat langit, kiri kanan laut, makan pisang goreng, ya tapi siap siap gosong ya ! hehe

bangun pagi langsung dapet view kaya gini, siapa yang gak betah ? ;D

posting selanjutnya yaitu, Sailing Trip Day 1, see you.


cheers,
Kadekarini




You Might Also Like

1 comments