Wisata Medan bersama Samsung NX3000

5:27:00 AM

Hai Medan !!

Akhirnya bisa menginjakkan kaki di Pulau Sumatra lebih jauh sedikit dari Lampung hehe. Dihubungin oleh Samsung kalau saya diajak berpartisipasi untuk Trip to Medan with Samsung NX3000 camera. Bukan main kegirangan, since this is my first mirrorles camera, and i falled in love at the first time i experienced it.

Kita di jadwalkan untuk penerbangan pertama dengan pesawat Air Asia. Untuk ke puluhan kalinya naik Air Asia, my favorite budget airlines. Favorit karena servis dan fasilitas yang di tawarkan sangat baik diantara budget airlines yang beredar sekarang. Mungkin beberapa udah pernah baca waktu saya kasih tips and trick cara dapat tiket murah di Air Asia, bisa baca disini. 

Self Check in Monitor di Terminal 3 Soekarno Hatta. Photo taken by Samsung NX3000.
Satu lagi yang bisa diunggulkan dari Air Asia, yaitu fasilitas self check-in which is sangat membantu saya  banget. Karena kita gak harus ikutan antri di petugas check in bandara. Cukup check in via website atau bisa check in di standing monitor yang biasanya selalu ada di bandara. Hari gini tiket gagal karena terlambat check in ? Makanya pakai self check in dong !
Happy users of Samsung NX3000 landed safely in Medan. Photo taken with Samsung NX3000.
Buat saya, Medan itu paket lengkap, dari mulai kuliner yang juara, tempat dan fasilitas wisata yang mulai berkembang juga keindahan alam yang bisa ditandingi.
PLACES


1. Kuala Namu Airport

Kuala Namu Airport. Photo taken with Samsung NX3000.
Mendarat dengan selamat di Kuala Namu Airport, akhirnya punya kesempatan nge-review Airport baru yang kabarnya bisa disandingkan dengan KLIA ini. Fasilitas Airport Link Train juga kabarnya sudah dapat digunakan oleh warga atau pelancong Medan. 

Tidak sulit untuk menemukan Airport link Train Station, karena begitu tiba di arrival langsung ada penunjuk arah untuk menuju train station. Sepertinya Medan sudah sangat siap untuk menyambut dan memanjakan para pengunjungnya dengan fasilitas yang informatif.

Kuala Namu Airport Link Station. Photo taken with Samsung NX3000.

Tiket kereta bisa di beli seharga 80.000 rupiah di loket yang terdapat sebelum masuk stasiun. Keretanya ini jadwalnya 30 menit sekali, jadi kalau bisa di arrange jangan sampai terlambat karena keretanya on time. Perjalanan dari Kuala Namu Airport ke Medan memakan waktu 45 menit. Gak terasa sudah sampai Medan, let's explore with Samsung NX3000.

Interior Kuala Namu Airport link Train. Photo taken with Samsung NX3000.
2. Istana Maimun, Medan

Well i can say, banyak percampuran budaya di Medan yang masih terlihat. Kuliner Medan kebanyakan percampuran antara Padang, Melayu dan Chinese Food. Arsitektur Medan sangat terpengaruh oleh bangunan Eropa yang sempit namun bertingkat tiga, persis seperti yang saya temuin di Vietnam. 

Happy users of Samsung NX3000 awere ready to strolling down the town.
Lain hal lagi kalau berkunjung ke istana Maimun, Medan, istana yang sampai sekarang masih ditinggali. Arsitekturnya berbau bangunan muslim dengan warna warna vibrant. Hanya bangunan utama saja yang boleh dikunjungi, sisanya ditutup karena masih digunakan sebagai rumah tinggal.

The details Interior of Istana Maimun was greatly captured with Samsung NX3000.
Love the tiles, Interior Istana Maimun, Medan. Photo taken with Samsung NX3000.
Interior Istana Maimun, Medan. Photo taken with Samsung NX3000.
Untuk Arsitektur kota, jalan-jalan di sudut kota Medan cukup membuat gue merasa seperti berjalan di Bandung dan Vietnam.

Street on Medan. Photo taken with Samsung NX3000.

CULINARY

Photo taken with Samsung NX3000.
Bisa dibilang perjalanan ke Medan ini sangat memprihatinkan, memprihatinkan berat badan saya haha. Hi Medan, your culinary spots are heaven ! Pertama kalinya, nge trip ga bisa tahan godaan makanan ya di Medan ini haha.

1. Restoran M&R

Restoran M&R, Medan. Photo taken with Samsung NX3000.
Di Medan, ada satu khusus daerah yang biasa disebut China Town, seperti China Town lainnya, banyak terdapat klenteng dan kuil serta restaurant chinese food yang super duper enak. Kalau ke Medan harus nyobain makan di Restoran M&R, dan pesen daging rusa black paper. Itu enak banget, tapi karena saya gak tega makan sambil ngebayangin rusa yg ada di Ratu boko, Yogya. Jadi saya cukup icip sekali, teksturnya lebih lembut dari ayam. Tapi buat culinary junkie, this one tasted so good.

Sop Nori dan Daging Rusa Black paper yang recomended di M&R Restoran. Photo taken by Ruben (Samsung NX3000.)

2. Republik Kopi, Medan

Wisata ke Medan artinya juga wisata kopi, udah sering denger kalau kopi Medan enak-enak, padahal sepanjang jalan cuma nemuin perkebunan kelapa sawit. hehe. Di Medan kebanyakan, coffee shop nya bernuansa kolonial. Selama di Medan, sore hari pasti diajak ngopi, kayanya ngopi di Medan udah jadi budaya banget, makanya coffee shop berkembang di Sumatra Utara.

Balkon Republik Kopi. Photo taken with Samsung NX3000.
Photo taken by Ruben (Samsung NX3000.)

Interior Republik Kopi. Photo taken with Samsung NX3000.

3. Kopi Kok Tong, Pematang Siantar

Mampir ke Pematang Siantar, kota tuanya Medan. Sruput kopi Kok Tong yang legendary since 1925, baru kali ini minum kopi sampe merem melek keenakan haha, ngalahin keenakan kopi Lombok yang selama ini masih jadi kopi favorit saya haha. Cara seduh kopi di kopi Kok Tong masih tradisional, pake saringan sampe diangkat setinggi orang. Mesti rasain sendiri biar merem melek keenakan juga hehe.

Kopi kok Tong since 1925. Photo taken with Samsung NX3000.
cara menyeduh kopi yang masih tradisional. Photo taken with Samsung NX3000.
Kopi Susu Telur Kok Tong yang bikin merem melek. haha. Photo taken with Samsung NX3000.

 4. Durian Ucok, Medan

Kata orang Medan "Belum ke Medan kau, kalau belum merasakan Durian Ucok". Iya, saya memang penggemar Durian banget kelas hampir expert, jadi gatau gimana cara menolak tawarannya, meskipun udah susah jalan karena dari mulai dateng udah berhenti makan 4 kali *elus perut. Aroma durian dari parkiran udah kecium banget, and i was surprised because the place was filled by a thousand durians. 

Kabarnya Durian Ucok ini cukup mematikan pedagang Durian lain di Medan, karena harganya yang tidak mahal, pasti enak dan bergaransi. Tempatnya besar dan penuh padahal kami datang jam 23.00 malam. Semakin malam semakin rame karena Durian Ucok is open 24 hours. Horee selamat mabok durian !

Durian Ucok, Medan
NATURE

Setelah mabok durian semalam, besoknya kita bangun dengan muka sumringah, karena di hari ke dua kita akan mengunjungi Danau Toba, the biggest lake in Indonesia. Perjalanan dari Medan ke Danau Toba yaitu selama 5 jam, ditambah nyebrang ke Pulau Samosir 45 menit. Gagal dapat sunset karena mendung dan hujan saat itu. Tapi hawa dingin dan kabut yang mengelilingi danau gak menghalangi niat saya untuk nyemplung dan berenang di Danau Toba. 
Menuju ke Pulau Samosir. Photo taken with Samsung NX3000.
Kita nginep di Tolledo Inn, buka jendela pemandangannya langsung Danau Toba, what a life ! Keluar kamar langsung danau, langsung checklist deh berenang di Danau Toba saat sunrise dan sunset. 

View jendela kamar di Tolledo Inn. Photo taken with Samsung NX3000.
Sejarah terbentuknya Danau Toba pun sangat menarik untuk di simak. Danau terbesar di Asia Tenggara dengan ukuran panjang 100 kilometer ini terbentuk akibat letusan gunung berapi yang kabarnya jaman dahulu menyebabkan kematian massal. Kaldera yang terbentuk tersebut kemudian terisi air dan menjadi yang sekarang di kenal sebagai Danau Toba. Sedangkan tekanan ke atas oleh magma yang belum keluar menyebabkan munculnya Pulau Samosir, sebuah pulau ditengah Danau Toba.
View Hotel langsung ke danau Toba. Photo taken with Samsung NX3000.
Danau Toba terlihat sangat cantik, dikelilingi bukit-bukit tinggi di sekelilingnya yang sebagian tertutup oleh kabut. Suhu di danau Toba dingin dan tenang, karena letaknya yang berada di dataran tinggi.
Kalau malam harus duduk duduk disni, minum beer sambil star gazing ! Photo taken with Samsung NX3000.
View Hotel langsung Danau Toba. Photo taken with Samsung NX3000.
Saya hampir dianggap gila sama orang-orang karena berani-beraninya berenang di danau Toba, karena hawa dingin "lo ga takut masuk angin dek?" atau "Danau toba kan dalam dan ga bisa ngapung kaya di laut" atau ada lagi "emang airnya bersih?".Emang dasar virgo, saya gak pernah percaya apa kata orang sebelum mebuktikannya sendiri. Dan setelah berhasil membuktikannya, beneran saya langsung ngabisin tolak angin satu kotak hahaha. 

Berenang di danau Toba saat sunset dan sunrise, checklist. Photo taken by Ruben (Samsung NX3000.)

"Well sometimes, we have to try to judge which one good or bad, right?".
Thank you Samsung Indonesia for give me a chance to experience Samsung NX3000. Such a smart camera !

Cheers,
kadekarini


You Might Also Like

0 comments