Jajanan Korea yang Mudah Ditemukan

9:16:00 AM

Sebelum berangkat ke Korea Selatan sebenernya udah punya daftar list jajanan yang wajib di cobain, dari yang aneh-aneh, imut-imut lucu sampai yang paling favorit di Korea Selatan. Tapi apa daya, ternyata semua makanan tersebut gak semudah nemuin gorengan di Jakarta. Jadi cuma bisa nyobain dan beli jajanan yang paling mudah dan bisa di temui di  Korea Selatan. 

Tteokbokki
Nomor satu paling gampang di temuin, yaitu Tteokbokki, di semua food stall pasti ada makanan yang awalnya saya pikir adalah sosis. Tapi ternyata sejenis fish cake, kalau di indonesia rasa nya mirip mirip sama mpke-mpek lenjer, kenyal-kenyal kaya cimol, ditambah saos merahnya yang sama kaya saos yang kita makan untuk bibimbap. Entah, waktu saya posting di instagram, bertanya jajanan apa yang direkomendasikan, jawaban nya kebanyakan pada suggest tteokbokki, selera sih ya, tapi buat saya mpek-mpek tetap di hati hehe.
Price Range : 1000 won - 3000 won
Tteokbokki (1000 won - 3000 won)
Food stalls di Korea Selatan

Dak-KKochi

Ini dia sate ayam yang denger-denger favorit di salah satu drama korea, lupa judulnya apa padahal udah pernah nonton (i am not good at remembering things as well hehe). Mungkin yang tau judulnya bisa bantu jawab di comment bawah. Sekilas mirip sate ayam di Indonesia, tapi yang ini bumbunya agak pedas manis.
Price Range : 1000 won - 2000 won
Dak-KKochi (1000 won - 2000 won)
Twigim
Nih ya, ternyata bukan orang Indonesia aja yang suka banget sama makanan berbalut tepung di goreng, buktinya, Jepang juga punya gorengan yang biasa di sebut tempura, nah Korea juga punya, namanya twigim. Yang di goreng pun macam-macam, mulai dari ubi, udang goreng, cumi goreng, sosis goreng, cabe hijau goreng, yang ala-ala bakwan goreng pun ada. Biasanya  kita boleh beli satu piring dengan isi 5 jenis. Tapi tetep ga ada yang ngalahin mendoan nya Indonesia punya apalagi pake cabe rawit, ughhh !!
Price Range : 2000 won - 3000 won
Twigim (2000-3000 won)
Food Stalls di Gangnam Street

HOT DOG ala KOREA
Jajanan gempal gemes ini juga pasti ditemuin di food stall pinggir jalan Korea. Gak tau nama Korea nya, sebut saja Hot Dog ala Korea. Orang Korea tuh suka banget sama adonan rice cake (tepung beras), bahkan hot dog pun yang seharusnya sosis tetap di selimuti pakai tepung beras dulu baru di goreng. Anyway, si tepung beras ini bener-bener bikin kenyang deh, kaya gak kerasa jajan jadinya.
Price Range : 1500 won - 2000 won
Hot dog in Korea (1500 won - 2000 won)
Hotteok 
Ini dia pancake nya Korean !! Kemarin nemu di Nami Island, karena emang hotteok ini makanan paling cocok untuk udara dingin, hmm pantesan saya kemarin makan nya nikmat banget, soalnya emang cocok cuacanya. Gak sempet sarapan karena bangun kesiangan dan hampir ditinggal bis. Tau-tau udah sampai Nami Island dengan perut lapar, hujan dan suhu 6 derajat celcius, lagi eksplor Nami Island sendirian tiba-tiba nemu food stall ini yang antrinya lumayan rame. Asal beli aja, soalnya sepanjang jalan Nami gak ketemu makanan yang bisa dibeli. Gak tau nya, enakk !! bahannya dari tepung beras ketan manis gitu terus dalamnya ada semacam kacang merah digiling. Emang mungkin cuacanya yang mendukung makanya hotteok ini terasa enak banget haha
Price Range : 900 won - 1000 won
Disajiinnya pake gelas, dan gak di gasi sendok, kebayang kan gimana makannya ? :))
Hotteok di goreng dulu sebelum di panggang.
Hotteok khas Nami Island (1000 won)
Proses Hotteok di panggang setelah di goreng setengah kering.

Bungeoppang
Kedua sweet treat favorit ! Kue ikan, dalemnya macam-macam, ada; kacang merah, coklat, ubi manis dll. Sekilas mirip seperti Binggrae Ice Cream ya, tapi bukan, walaupun bentuknya sama-sama ikan, si bungeoppang ini hanya seperti sebuah waffle manis gitu, dan ga ada kandungan ikan nya sama sekali ya, cuma bentuk cetakannya aja ikan.
Price Range : 2000 won
Bungeoppang (2000 won)
Bungeoppang (2000 won)

Peanut Ice Cream & Mandarin Orange Ice Cream at Udo Island

Kalau ke Udo Island, wajib banget cobain 2 ice cream khas Udo Island ini. Kenapa kacang dan jeruk ? Karena penduduk lokal Udo island mayoritas pekerjaan nya adalah petani jeruk dan kacang. Tapi karena harganya lumayan mahal, nah kalau harus milh salah satu, i suggest for the orange ice cream. Gak tau kenapa jeruk di Udo Island tuh segernya sampai ke Lambung apalagi di paduin sama ice cream. Duh, mungkin kalau kembali lagi ke Udo Island, yang pertama di cari bakalan orange ice cream ini kali.
Price Range : 4000 won
Peanut ice cream & orange ice cream Udo island (4000 won)

Odeng/Eomuk
Diantara yang disebutin diatas yang paling favorit adalah odeng/ eomuk, paling mudah juga di temukan, apalagi di daerah lebih ke utara nya Korea. Karena si odeng ini nikmatnya akan terasa 3 kali lipat kalau di makan pas dingin. Bentuknya seperti jeroan usus gitu, awalnya saya juga gak minat, tapi penasaran kok rame banget (gak deng kebetulan pas di chuencon yang suhunya 6 derajat, ada 1 food stalls yang cuma jual odeng, jadi mau gak mau terpaksa beli karena kelaperan. Dan ternyata enak !! kuah kaldu nya itu yang bikin nagih, kalau rasa odeng nya sendiri sebenarnya mirip-mirip dengan otak-otak kalau di Indonesia.

Nah ada yang berniat ke korea ? Semoga kalian bisa eksplor jajanan Korea lebih banyak ya  dari saya ya ! jangan lupa sharing sharing. By the way i just signed up in ask.fm, yang mau tanya tanya lebih jauh bisa kesini http://ask.fm/kadekarini. See you there :D


All photos taken with Samsung NX500 + 30mm F2 Lens.

Cheers,
kadekarini

You Might Also Like

1 comments