9 Jam di Hiroshima dan Miyajima

10:45:00 PM


Nama kota Hiroshima mungkin tidak terdengar asing, kota ini terkenal dengan sejarah nya yang sangat mendunia. Salah satu bukti sejarah yang paling menarik di Hiroshima adalah bangunan Atomic Bomb Dome yang menjadi bukti betapa buruknya dampak dari bomb Hiroshima dan sudah ditetapkan sebagai UNESCO Heritage Site.



Jakarta – Hiroshima
Penerbangan saya menuju Hiroshima di operasikan oleh Silk Air dari Singapura selama 6 jam. Ini merupakan rute baru dimana pengunjung tidak perlu transit dahulu di kota lain di Jepang, melainkan bisa langsung terbang ke kota Hiroshima.  Atau bisa juga, menggunakan alternatif rute penerbangan dari Indonesia ke Osaka atau Tokyo dan dilanjutkan Shinkansen (dari Osaka) atau pesawat (dari Tokyo) untuk menuju Hiroshima.


Okonomiyaki Makanan Khas Hiroshima
Ternyata okonomiyaki bukan hanya berasal dari Osaka saja tapi juga Hiroshima. Kedua nya memiliki perbedaan. Okonomiyaki khas Hiroshima menggunakan noodle 

Tempat terbaik untuk menikmati okonomiyaki di Hiroshima yaitu di Okonomiyaki Village. Restoran yang kami coba namanya Susumu Restoran berdasar pada rekomendasi dari Okawa San, guide yang menemani kami di hari pertama dari JNTO (Japan National Tourism Organization). Okonomiyaki dimasak langsung di depan meja kita dengan bermacam pilihan jenis rasa dari seafood, pork dan chicken.

Orizuru Tower
Orizuru Tower adalah titik tertinggi untuk melihat pmandangan kota Hiroshima. Lantai tertingginya terbuka sehingga angin akan terasa sangat kencang.
 

Tapi tidak usah khawatir, karena disediakan blanket merah untuk di pakai dan dikembalikan lagi ketika sudah selesai. Dari sini kita bisa melihat Atomic Dome, satu satunya bangunan yang tidak hancur sepenuhnya saat bom perang dunia ke-2.
 
Tradisi Melipat 1000 Origami Burung.
Di Orizuru Tower ini juga ada tempat belajar melipat origami. Di Jepang, apabila ada orang sakit, keluarga dan teman terdekat memiliki tradisi untuk membuat 1000 origami burung dan berdoa untuk kesembuhan mereka.
 

Tradisi ini di bawa oleh seorang anak kecil wanita bernama “Sadako”. Sadako adalah seorang anak korban dari Bom Atom HiroshimaPerang Dunia ke-2. Sadako berhasil hidup dan tetap sehat. Kemudian pada umur 9 tahun, Sadako di deteksi terkena penyakit leukemia akibat partikel partikel dari bom tersebut yang masuk ke dalam tubuhnya.
 


Kemudian, Sadako membuat origami burung dengan tujuan berdoa kepada burung - burung ini demi perdamaian dunia. Sejak saat itu, membuat 1000 origami burung dipercaya dapat membuat keinginan menjadi terkabul. Sehabis belajar melipat origami, saya pun pergi ke sebuah sudut tempat make a wish.


“Semoga semua orang-orang yang saya sayangi diberi kesehatan, kebahagaian dan selalu di dekatkan dengan Nya”. Dan saya melepas origami burung ini dengan simbol menyampaikan pesan yang sudah terucap.

Atomic Bomb Dome
Ini adalah satu-satunya bangunan yang tersisa akibat Bomb Hiroshima. Sebelumnya, fungsi dari bangunan ini sendiri adalah sebuah kantor pekerjaan Umum. Bangunan ini sudah di tetapkan menjadi situs bersejarah UNESCO karena di yakini dapat mewakili portrait betapa buruknya dampak dari bomb Hiroshima yang dinamakan “Little Boy” itu. 
 




Di sekitar Atomic Bomb Dome, ada banyak volunteer yang menceritakan kepada anak-anak sekolah tentang sejarah terjadi nya Bomb Atom Hiroshima pada tahun 1945 ini. Orang-orang Jepang menganggap ini adalah sebuah sejarah besar yang harus tetap di ingat dari generasi ke generasi dengan cara terus mewarisi ceritanya ke generasi selanjutnya.



Hiroshima Peace Memorial Museum
Tepat di depan Hiroshima Peace Memorial Museum, ada sebuah monumen dimana titik tepat terjadinya bom ledakan. Ledakan bomb di luncurkan di ketinggian 580 meter di pusat kota Hiroshima, kota terbesar ke tujuh di Jepang. Dengan total korban 140.000 jiwa yang kebanyakan adalah anak-anak dan ibu-ibu.
 

Masuk ke dalam museum rasanya sulit untuk tidak menangis. Karena semua nya terlihat seperti sangat nyata. Ada display asli sisa-sisa hasil dari ledakan bom Hiroshima mulai dari seragam sekolah anak- anak, rambut, foto-foto kehancuran dan bukti keping-keping logam dan botol yang rusak akibat panas nya bom ledakan. Ada juga portrait cerita dan foto kejadian saat bomb itu terjadi yang sangat menyayat hati.

Hiroshima Yang Sekarang
Meskipun ledakan bomb Hiroshima merusak 90% bagian dari Hiroshima, tapi Hiroshima kini sudah bangkit dengan bangunan bangunan tinggi dan pariwisata yang terus meningkat. Dengan ambience yang lebih quiet dari kota besar seperti Tokyo, Hiroshima berhasil menarik perhatian saya untuk datang kembali lagi di kunjungan selanjutnya.
 

Miyajima Island
Miyajima island semakin terkenal ketika dipakai untuk lokasi shooting Wolverine 2 yang banyak mengambil setting di Jepang. Untuk menuju ke Miyajima island kita menyebrang menggunakan JR ferry selama kurang lebih 15-20 menit. 


Di pulau Miyajima ini terdapat sebuah kuil bernama Itukushima Shrine dengan Torii Gate yang mengapung di air laut sebagai simbol tempat pertemuan dewa-dewa, sayangnya saat saya kesana air laut sedang surut. 

Ketika menuju ke Itukushima kita akan menjumpai banyak rusa rusa liar, hati hati kalau membawa makanan karena bisa di ikutin ! Ada juga pasar tradisional yang menjual berbagai macam makanan khas Hiroshima salah satunya  kue manisan berbentuk maple leaves ini sebagai oleh-oleh.
 

 
cheers,
Kadek arini

FOLLOW ME ON
Instagram : @kadekarini
YouTube : Kadekarini

You Might Also Like

0 comments