7 Days Itinerary Japan with JR Pass (Tokyo,Osaka,Kyoto)

4:21:00 AM




Jepang adalah salah satu negara yang selalu bikin pengen balik lagi. Negara empat musim ini memiliki magnet tersendiri setiap musimnya. Perjalanan ke Jepang kali ini yaitu di saat pergantian musim semi dengan summer tepatnya tanggal 24 – 30 Mei 2018. Perjalanan ke Jepang ini bisa dibilang sangat ter-organisir, karena aku sudah beli tiket-tiket atraksi nya via online di Klook, jadi gak usah ikutan ngantri beli tiket nanti pas udah disana, tinggal tukar saja.

Beli JR Pass via Klook
Buat yang belum tahu, Klook itu menjual tiket masuk tempat wisata, atraksi dan juga aktivitas wisata di seluruh negara. Jadi kalau misalkan have no idea mau ngapain aja saat datang ke negara itu, check aktivitas yang ada di Klook sangat membantu, karena aktivitasnya itu adalah aktivitas favorit para traveler. Apakah harganya bersahabat ? yes harga yang ada di Klook affordable dan best-deal jadi bisa bantu pejalan untuk mengurangi biaya perjalanan juga. Supaya lebih mudah juga, bisa download apps Klook karena sangat mobile friendly apps nya.
Proses pembelian tiket aktivitas di Klook, mulai dari pilih via apps, terima e-ticket via email, dan informasi tata cara pemakaiannya yang super lengkap.  Make sure kalian detail ya bacanya.


GETTING AROUND (TRANSPORTATION)
Biaya hidup di Jepang mahal. Well, iya kalau kita gak tau triknya. Jepang itu menurutku mahal di biaya transportasi dan akomodasi. Untuk makanan, masih bisa disiasati kok. Biaya transportasi di Jepang akan menjadi sangat murah, caranya gimana ? aku akan bahas pass yang biasa aku gunakan kalau traveling ke Jepang.


A. TENTANG MENGGUNAKAN JR PASS
JR PASS adalah Pass untuk kereta api di Jepang yang di operasikan oleh Japan Railway. Perlu diketahui kalau jenis kereta api di Jepang ada banyak banget, hmm mungkin lebih dari 5 jenis. Tapi untuk di Tokyo Cuma ada 2 yaitu JR Line dan Subway.


JR PASS jenisnya juga ada berbagai macam. Ada JR Pass Whole Japan yang cover semua area Jepang, namun ada juga JR East Pass yang cover hanya bagian East Japan saja. So, kamu harus tentukan dulu destinasinya mau kemana ? kalau ke Tokyo, Osaka, Kyoto harus membeli yang JR Pass Whole Japan.


JR Pass mencakup apa saja ? yes kalau sudah punya JR Pass, kita boleh bebas menggunakan kereta api di semua area Jepang yang di operasikan oleh Japan Railway. Apa Saja ? kereta dalam kota JR Line, Limited Express, semua Shinkansen kecuali Nozomi dan Mizuho,  Local JR Buses: JR Hokkaido Bus, JR Bus Tohoku, JR Bus Kanto, JR Tokai Bus, West Japan JR Bus, Chugoku JR Bus, JR Shikoku Bus, JR Kyushu Bus, JR-West Miyajima Ferry. Gak usah bayar lagi karena semua sudah ter-cover oleh JR Pass.


JR PASS harganya berapa ? untuk yang 7 hari 3.625.000 beli nya via online di KLOOK Ada berbagai macam, ada yang 7 hari, 12 hari.


JR PASS beli dimana ? JR Pass adalah Pass khusus untuk turis yang mau berkunjung ke Jepang. JR Pass hanya bisa dibeli sebelum datang ke Jepang. Karena kemarin aku beli online via KLOOK jadi proses nya lebih mudah. Setelah purchase via apps Klook,kita akan terima konfirmasi via email dan voucher fisik nya akan di antar ke alamat rumah, harga 3.625.000 sudah termasuk free delivery ke alamat yang dimasukkan untuk wilayah Jakarta, bogor, Depok, Tangerang, Bekasi. Voucher fisik ini yang nanti akan ditukarkan ketika sudah sampai di Haneda Airport.


JR Pass seberapa worth ? Membeli JR Pass akan sangat memangkas kebutuhan biaya transportasi Traveling di Jepang yang sangat besar. Untuk local train dalam kota JR Line biayanya 130 yen – 240 yen/one way. Dan untuk tiket Shinkansen yaitu 1.200.000 rupiah/one way TOKYO-OSAKA. Kenapa harus menggunakan Shinkansen ? karena kalau naik kereta biasa jarak TOKYO-OSAKA bisa 8 jam dengan berganti-ganti kereta. Sedangkan dengan shinkansen berkecepatan 300 km/jam jarak Tokyo-Osaka yang kaya Jakarta-Yogya bisa jadi Cuma 3 jam. Yesss kereta api rasa pesawat ! Dengan harga 3,6 Juta JR Pass sudah cover shinkansen dan local train yg dioperasikan oleh JR


B. TOKYO SUBWAY PASS
Di Tokyo, ada dua macam jenis kereta, yaitu Japan Railway dan juga Subway. Subway ini lebih banyak stasiunnya dan relatif lebih dekat ke beberapa tempat wisata. Jadi kalau pakai subway, jalan kaki dari stasiun nya gak usah jauh-jauh seperti 2 atau 5 menit. Sedangkan kalau JR station biasanya jalan kakinya 10 menitan ke beberapa tempat wisata. Harga tiket subway mirip dengan JR lines 120-250 yen sekali jalan. Makanya untuk menghemat biaya aku juga beli Tokyo Subway Pass di KLOOK yang 72 hours seharga 193.595 rupiah. Kalau di hitung-hitung jauh lebih hemat.


ITINERARY


DAY 1 -TOKYO


ROBOT RESTAURANT
Hari pertama sampai di Haneda International Airport, kami langsung menukarkan Tokyo Subway Pass dan JR Pass yang sudah dibeli via online di KLOOK. Ticket counternya ada penjelasannya di e-ticket dari klook yang sudah diterima lewat e-mail. Kemudian kami berjalan menuju ke Airbnb di daerah Shin-Okubo. Letak AirBnb nya sangat strategis dan dekat dengan destinasi pertama kita yaitu RobotRestaurant.
Jalan di depan Robot Restaurant, meriah yaa :D
Wow, is it too colorful for a robot ??
tempat duduknya tingkat kaya gini, terus show nya ada di tengah.
Aku sering nonton di youtube bule-bule sebelumnya tentang Robot Restaurant ini, dan jadi penasaran untuk kesana. Ketika sampai, kita cukup menukarkan tiket yang sudah dibeli online via Klook di ticket counter, jadi gak perlu antri lagi. Tempatnya sangat colorful, dan ketika masuk bawaan energinya happy banget. Konsepnya itu seperti panggung Fashion show, kita duduk di kursi tribun 3 tingkat dengan meja, kemudian kita akan di sajikan pertunjukan robot khas Jepang sembari bisa membeli makan dan minuman yang dijual setiap break time.


SHIBUYA CROSSING
Belum ke Tokyo, kalau gak mampir ke Shibuya Crossing. Di klaim sebagai crossing tersibuk di dunia, gimana gak sibuk persimpanganya ada banyak banget dan isinya orang jalan kaki semua sampe pusing sendiri liatnya haha. Kalau mau lihat view dari atas Shibuya Crossing bisa nongkrong di Starbucks yang ada pas di depan Shibuya Crossing. Patung Hachiko juga ada di depan Shibuya Crossing, sebelum jadi se modern ini, dulu di depan stasiun Shibuya inilah Hachiko menunggu pemiliknya pulang setiap hari.
ini foto nya bukan di Shibuya Crossing tapi di Shinjuku pas jalan sore, matahari di Jepang kayanya beda, foto dimana aja bagus hahahaha


DAY 2 - FUJISAN


KAWAGUCHI LAKE, MOUNT FUJI
Hari kedua, kami pergi ke luar kota untuk melihat lebih dekat Gunung Fuji. Untuk mencapai Danau Kawaguchi, kita harus pindah 3 kali transportasi. Rutenya adalah ;


-     Dari kota Tokyo menuju Stasiun Otsuki, sampai stasiun Otsuki ter cover oleh JR PASS(beli JR Pass disini).


-      Stasiun Otsuki menuju ke Stasiun Kawaguchiko tidak tercover JR Pass, jadi harus beli tiket seharga 1,340 yen/one way.


-       Sampai di Stasiun Kawaguchiko, disambung dengan shuttle bus wisata seharga 1500 yen PP.




Di daerah Gunung Fuji, terdapat 5 buah danau, dan yang akses nya paling dekat dengan stasiun Kawaguchiko adalah Lake Kawaguchi. Kalau mau foto berlatar belakang Gunung Fuji, di sini adalah tempat yang tepat. Naik shuttle bus dari stasiun Kawaguchi dan turun di Kawaguchiko stop.


DAY 3 - TOKYO


SENSOJI TEMPLE
Sensoji adalah Temple terbesar di Tokyo letaknya di daerah Asakusa. Kalau Foto disini pasti bocor dimana mana karena ruameee banget. Selain dikunjungin wisatawan, temple ini juga masih digunakan sesuai fungsinya oleh orang Jepang. Nuansa temple di Jepang kebanyakan warna merah, pilih outfit nya jangan merah juga ya karena jadi tabrakkan kalau di foto haha.
Sensoji Temple, biggest temple in Tokyo yang selalu rameee


AKIHABARA
Kalau mau beli alat-alat elektronik di Tokyo, Akihabara adalah pusatnya. Fyi, barang-barang yang dijual di Tokyo semua asli dan gak ada yang palsu, jadi aman kalau mau beli elektronik. Salah satu toko elektronik yang jual apa aja lengkap di Jepang adalah Bic Camera. Setiap lantai punya sesi nya sendiri. Lantai khusus kamera di lantai 4. Semua merek kamera, jenis lensa, aksesoris lengkap ada, dan display juga lengkap jadi bisa coba-coba.
silahkan diintip yang pada mau beli kamera di Jepang.
Fujifilm Disposable camera di Jepang harga aslinya sekitar 80 ribu, kalo beli online di Jakarta antara 150-200 ribu. Yukk borroongggg
TOKYO TOWER
Tower berwarna orange ini memang menjadi maskot kota Tokyo, dari sini pun kita bisa melihat pemandangan kota Tokyo. Bagusnya kesini saat sunset, tapi aku telat jadi sampe pas udah gelap, tapi masih tetap cantik dengan lampu lampu kota nya kok ! Masuk ke Tokyo Tower antrinya lumayan panjang karena ini atraksi favorit di Tokyo.
Tokyo Tower saat malam lighting nya orange, kalau siang warna aslinya merah.
Gak perlu ikutan antri beli tiket gini, karena sudah beli tiket online via klook sebelumnya.
Kemarin aku beli tiket nya via online di Klook jadi gak perlu ikutan antri. Pas sampai di tempat, bisa langsung tukar tiket nya ke bagian customer service bukan di bagian loket tiket, udah deh tinggal naik lift aja. Teknologi sekarang sangat membantu mengurangi waktu untuk mengantri. Let’s be a smart traveler :D
Top view Tokyo tower, maaf gak bawa tripod jadi agak shaky.


DAY 4 - OSAKA


TOKYO – OSAKA NAIK SHINKANSEN
Untuk menuju Osaka, kita naik dari stasiun Shinjuku (stasiun besar di Tokyo) menuju Stasiun Shin-Osaka. Untuk shinkansen menuju Osaka, semua akan berenti di stasiun Shin-Osaka, dari sini kita sambung kereta JR local ke Osaka. Semua sudah di cover oleh JR PASS.
Foto di depan Shinaksen, kereta api rasa pesawat, karena cuma Jepang aja yang punya haha




Perjalanan dalam shinkansen 3 jam, lebih baik sebelum naik kereta beli nasi bento dulu di seven eleven yang harganya biasanya 350-450 yen, karena bento yang dijual di stasiun harganya bisa 1,000 yen. Di dalam shinkansen, bebas boleh makan, minum, baca buku, dengerin lagu, tidur, asal gak berisik. Karena orang-orang Jepang kalau di transportasi cenderung sunyi senyap, jadi kita akan gak enak sendiri kalau berisik hihi.


OSAKA AQUARIUM
Tiket yang sudah dibeli via online di Klook di tukar dulu di stasiun Namba, kemudian kita menuju ke Osaka Aquarium. Di dalam aquarium ini kita bisa lihat berbagai jenis hewan laut yang gak bisa kita liat secara langsung di lautan.
salah satu arsitektur bangunan favorit di Jepang, Osaka Aquarium


Ada penguin, lumba lumba, ikan mola-mola. Bagian paling aku suka adalah di souvenir shop. Disini mereka jual sendok dengan bentuk berbagai macam hewan laut. Jepang itu selalu kreatif kalau buat sesuatu yang gak kepikiran jadi sesuatu yang harus dibeli haha.
yess Japan wins for producing cute things


DOTONBURI
Ini adalah tempat wajib kalau di Osaka. Pecinta sneakers ? silahkan ke Dotonburi, ada puluhan toko sneakers. Penasaran cobain takoyaki khas Osaka ? silahkan datang ke Dotonburi. Dan masterpiece Dotonburi adalah, papan glico nya yang sering diijadikan background selfie turis.


DAY 5 - KYOTO


OSAKA TO KYOTO WITH JR PASS
Dari Osaka ke Kyoto naik shinkansen 45 menit dan sudah ter-cover JR Pass juga. Kyoto ini bisa di eksplor cukup untuk one day trip kalau memang mau stay nya di Osaka saja.


KIMONO RENTAL KYOTO
Nah ini bucketlist yang belum kesampaian selama di Jepang. Mungkin karena kekurangan informasi juga tentang dimana harus sewa kimono di Jepang. Di Klook jadi lebih mudah karena tinggal sewa via online, datangi tempatnya dan tinggal tuker tiketnya.
memilih Kimono, pilih yang warnanya kamu banget yaa
Tas kecil untuk melengkapi dress up as Japanese
Lokasinya 2 menit jalan kaki dari Gojo Station (1 stasiun dari Kyoto Station). Tempatnya terdiri dari 4 lantai dan setiap lantai step nya berbeda beda. Alur nya sangat teratur dan staff nya semua ramah-ramah. Untuk Kimono rental yang basic akan dapat kimono, sandal kayu, dan tas, kalau pilih yang premium kimono rent termasuk hair-do nya. Kimono rentalnya bisa dipakai seharian dan dikembalikan sebelum jam 7 malam hari.


FUSHIMI INARI
Sudah memakai Kimono, kami naik kereta menuju ke Fushimi Inari. Shrine terkenal di Kyoto karena menjadi tempat lokasi syuting memoir of geisha. Kalau mau less crowded, bisa datang ke fushimi Inari agak pagi sekitar jam 10 pagi. Torii gate di Fushimi Inari ini ada panjang banget, jadi kalau mau foto sepi sebenarnya bisa asal mau rajin naik terus keatas hihi.
Akhirnya bucketlist untuk pakai kimono tercapai juga haha


ARASHIYAMA
Dari Fushimi Inari kita memutuskan mengembalikan Kimono rental nya dengan pakaian biasa karena perjalanan ke Arashiyama membutuhkan waktu 1 jam. Arashiyama ini adalah hutan bamboo yang ada di Kyoto. Tempatnya cantik sekali, bahkan di Jepang saja, hutan bambu di rawat dan bisa dijadikan tempat wisata hehe.
Foto di Arashiyama, ambil angle bawah ya, biar keramaian nya tertutup badan model haha *tips kadekarini


DAY 6 - OSAKA


UNIVERSAL STUDIO JAPAN
Akhirnya bisa foto full team, karena ada yang mau dimintain tolong fotoin haha
Yuhuuu, ini adalah hari yang kutunggu-tunggu. Theme Park is my kind of thing ! hahaha dan kabarnya theme park di Jepang terkenal dengan wahana nya yang paling bikin jantung copot. Karena banyak banget yang mau diceritain di Universal Studio Japan, jadi aku pisah artikelnya, bisa baca disini


DAY 7 - TOKYO

It's time to go home ! naik shinkansen dari Osaka menuju Haneda Airport :D



Cheers,
Kadek arini
Follow me on

Instagram : @kadekarini

YouTube : Kadekarini

You Might Also Like

0 comments