Sampai Jepang dengan Satu Juta Rupiah (Japan Part 1)

1:50:00 AM

Udah gak sabar banget kayanya mau sharing pengalaman gue di Jepang, dan akhirnya keposting juga, and i bet this is gonna be a long-long story, banyak banget keseruan yang gue alamin selama di Jepang. Dimulai dari terwujudnya mimpi gue ke JEPANG. Iya memang untuk menginjakkan kaki di Jepang adalah salah satu bucket list gue, bisa gue bilang JEPANG adalah satu satunya negara di Asia yang paling bikin gue penasaran, tapi selalu ketunda tunda karena letaknya yang masih jauh dan biaya yang mahal untuk trip kesana, gue yang statusnya sebagai mahasiswa selalu mengurungkan niat.

Karena kalo boleh sedikit curhat untuk semua trip perjalanan gue adalah hasil kerja keras gue sendiri, karena orang tua gue gak akan mau sponsorin biaya di luar kuliah (curhat mahasiswa). Gue bersyukur banget Tuhan ngelancarin bisnis gue sehingga gue bisa step by step checklist dream trip list gue, dan sesuai yg gue janjiin untuk selalu di sharing supaya bisa beguna buat yang lain. ah Thank God.

Tiket ke Jepang ini gue beli udah dari 8 bulan sebelumnya, bahkan sebelum gue skripsi hahahaha. Tapi bagusnya hal ini jadi membawa gue untuk straight to the plan, jadi gak ada molor molor lagi, karena jadwal setelah tanggal sidang sudah direncanakan sebaik mungkin. Alhasil gue nurut deh sama jadwal dan lulus tepat waktu. Saat itu gue mikir kayanya emang sekarang saatnya untuk menginjakkan kaki ke Jepang, didukung oleh satu bestfriend gue yg lg exchange di Osaka University, jadi bisa dapet tour guide gratis  dan seru seruan bareng disana. 

"Nekat adalah satu kata yang bisa menggambarkan saat gue memutuskan untuk beli tiket ke Jepang". Gue selalu percaya semua niat itu diawali dari nekat, karena kalo lo ga nekat, hal yang lo pengenin cuma akan jadi rencana yang gak akan pernah terwujud.

Cerita sebenarnya gue udah memantau tiket dari KL-OSAKA dari 2 bulan sebelum gue beli tiket, saat itu harga berputar di sekitaran USD 99 bahkan sempat naik jadi USD 120, pas udah sampe USD120 gue udah hampir hopeless dan ngebatalin, tapi Tuhan selalu bersama orang sabar, ternyata harga tiket turun jadi USD 89. Langsung tanpa pikir panjang gue beli itu tiket, tinggal cari 3 tiket sisa lainnya. Seminggu kemudian gue liat promo air asia lagi JKT-KL Rp 99.000, tanpa pikir panjang lagi gue beli langsung itu tiket.

Dengan Rp 1.000.000 gue udah bisa sampai Jepang tuh kerenn ga sih ?? keren sih menurut gue hahaha

Untuk tiket baliknya gue sabar sabar tapi ternyata ga bisa nemuin harga yang sama, alhasil tiket balik gue OSAKA-KL gue dapet USD 135 dan KL-JKT Rp.650.000. Yah lumayan lah udah ngirit di tiket berangkatnya. Gue ada beberapa tips untuk bisa dapet tiket murah ke Jepang, here they are :


TIPS BERBURU TIKET MURAH KE JEPANG


1. Terbang dari KL menuju OSAKA, 
karena penerbangan dari KL banyak yang nawarin promo dan harganya jauh lebih murah dibanding terbang langsung dari Jakarta (bisa beda 1 juta sampai 1,5 juta). 

2. Cari jeda penerbangan yang terdekat,
karena ini penerbangan putus, jadi kalian harus bisa mengestimasi pemilihan waktu terbang, karena waktu itu tanggal dan jam berangkat dr KL-OSAKA gue adalah tanggal 25 Febuari pukul 08.00 pagi, jadi gue memilih untuk penerbangan paling malam JAKARTA-KL pada tanggal 24 Februari yaitu pukul 21.00 wib. Jadi gue akan nginep di KL Airport selama 7 jam untuk terbang esok harinya, begitu juga sebaliknya.

3. No baggage, No insurance, No seat
Yang artinya kalian hanya akan beli harga tiket saja, karena budget aircraft itu selalu ada plus-plusnya yang tiba tiba pas di total in jadi bengkak. so just klik NO di semua tambahan. 

4. Beli via website langsung
Karena menurut sepengalaman gue, harga tiket kalau beli langsung di web nya itu berbeda dengan harga tiket di travel agent. Kalau air asia harus pakai credit card atau klik BCA.

5. Terbang murah saat winter
Karena ternyata tiket berkunjung ke luar negri akan lebih murah saat musim dingin dibanding datang saat musim semi atau summer. Logikanya, siapa sih yang mau liburan dingin dingin ?

6. Jangan mikir kelamaan
Tau ga kebanyakan orang gagal itu karena mereka terlalu lama mikir yang akhirnya permasalahan malah lebih banyak timbul. Ketika lo ngeliat harga tiket yang jauh dari harga normal, langsung gerak cepat untuk beli, karena kesempatan gak akan datang dua kali :D

Alhasil dengan satu juta itu gue udah bisa sampai Osaka deh ! Dan dengan total PP Jakarta-Osaka-Jakarta yaitu 3 juta rupiah. Kemudian gue akan posting how to pack your baggage di musim dingin supaya bisa masuk cabin :D


cheers,
kadekarini

You Might Also Like

9 comments

  1. kadeek. aku masih pelajar nih, bentar lagi kelas 12 pula. gmn dong caranya biar bisa trip2 gitu jugaaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga ngerti sm pertanyaannya, sebenernya traveling itu gampang tinggal beli tiket jalan deh, pertanyaanya niat apa engga ? Kalo emg niat memang harus mengorbankan sesuatu hehe

      Delete
  2. Replies
    1. Good luck, semoga hoki juga yaa :D

      Delete
    2. manttap mbak.. makasih informasinya . keep make scratch on your paper :)

      Delete
  3. pengen sih beginian.. cuma sayang kepentok cuti mulu.

    mungkin emang kudu resign sambil nabung biar bisa jalan-jalan kaya gini..

    *nungguin promo AA*

    ReplyDelete
  4. Hi, kak Kadek! Seneng banget baca blognya. Superrr berguna! Haha makasih banyak kak! Btw, aku planning mau ke Jepang tahun 2016 sama 2 temen kuliahku. Dari mulai Maret tgl 10, kita udah sepakat nabung. Sehari bisa dari 10rb sampe 25rb. Nah, kira-kira sampe 2016 itu menutupi budget gak ya kak? Terus kak Kadek ngurus visanya kemarin gimana? Ribet gak? Oh iya kak sama satu lagi. Lebih baik travel mandiri atau pake tour ya? Terimakasih banyak ya kak Kadek. Salam kenal! :)

    ReplyDelete
  5. sangat membantu ya tipsnya.
    bisa cerita enggak berapa kira-kira budget minimal untuk makan selama 6 hari di jepun?
    (Saya dari malaysia)

    ReplyDelete
  6. wah, sangat membantu kak tipsnya, terimakasih ya jadi makin semangat nabung buat pergi liburan ke jepang.

    bantu kita juga dengan visit link, caranya cukup klik di sini ya, terimakaish

    ReplyDelete