4 Alasan Wisata ke Pulau Sumba (Sumba Part 5)

1:45:00 AM

Nothing in any other place, there is a peaceful island like Sumba.


Kayanya 4 artikel tentang Pulau Sumba yang sebelumnya sudah saya ceritakan belum cukup menggambarkan betapa mengaggumkannya Pulau Sumba. Satu kata untuk merangkum kekaguman saya terhadap pulau ini "Eksotis"
Sumba itu eksotis dari sisi mata memandang, dari sisi alam berinteraksi, dari sisi kultur yang selaras dan dari sisi tanah yang ditapakki.

1. Eksotisme Lansekap Pulau Sumba
Gak akan ada orang yang menyangka kalau gundukan perbukitan hijau yang ada di frame ini dapat kita temui di Pulau Sumba, siapa sangka foto ini bukan di ambil di New Zealand ? Di sepanjang perjalanan road trip dari Sumba Timur ke Sumba Barat atau sebaliknya, kita akan di temani dengan pemandangan perbukitan yang menyegarkan mata ini.
Lain halnya jika di Bali/Lombok, dimana lansekap pulau dipenuhi oleh ladang sawah yang luas, tekstur tanah yang tandus di Pulau Sumba tidak mendukung untuk di jadikan sawah, sehingga kebanyakan warga Pulau Sumba bermata pencaharian dari hewan ternak atau menanam jagung.
2. Eksotisme Pesisir Pantai Pulau Sumba

Sebuah pulau yang letaknya langsung di kelilingi oleh lautan, Pulau Sumba memiliki banyak pantai. Karena letaknya yang berhadapan langsung dengan laut, Pulau Sumba terkenal memiliki ombak yang baik untuk berselancar. Salah satu Pantai terbaik untuk surfing adalah Pantai Tarimbang.
Cerita lengkap disini

3. Eksotisme Ketenangan di Pulau Sumba
Karena bukan merupakan sebuah pulau yang touristy, Pulau Sumba banyak menyimpan hidden tressure. Hidden tressure di Danau Weekuri dan Air terjun Lapopu di Sumba barat adalah beberapa contohnya. 
Tempat tempat ini bukan merupakan sebuah tempat wisata yang sudah terkelola, jauh daripada itu, Danau Weekuri menawarkan pengalaman eksplorasi alam Sumba secara lokal. Dengan akses yang belum cukup mudah, lokasi yang tersembunyi dan ketenangan yang di tawarkan. Jauh daripada tempat wisata yang penuh sesak oleh wisatawan, Air Terjun Lapopu yang tenang saat itu hanya menjamu saya dan teman teman, suara air yang jatuh terdengat lebih kencang. Bersih, sangat bersih, tidak di temukan sampah satu pun, masih sama seperti ketika alam melahirkannya
Cerita lengkap disini dan disini

4. Eksotisme Kultur di Pulau Sumba

Pulau Sumba adalah salah satu pulau di mana kita bisa menemukan keaslian suku dan adat provinsi di Indonesia. Jarang di temukan rumah kokoh berdinding bata di Sumba, kebanyakan masih dengan rumah adat Sumba yang berpanggung dan atap runcingnya. Masih ingat cerita saya tentang Kejujuran di Tanah Sumba yang berhasil membuat saya kagum.
Cerita lengkap disini


Mungkin Pulau Sumba tidak setenar pulau pulau tetangganya, seperti Bali , Lombok atau Flores. Tapi siapa sangka Perjalanan ke Pulau Sumba berhasil menambah kecintaan saya terhadap ibu pertiwi Indonesia.

Cheers,
Kadekarini

You Might Also Like

0 comments